Jitunews.Com
13 Oktober 2020 13:30 WIB

Mulai Oktober Diramalkan Hujan Deras, Luhut Sebut Berpengaruh pada Covid-19

Pemerintah akan melakukan langkah pencegahan kasus Covid-19 di pengungsian.

Luhut Panjaitan (BeritaCAS)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bahwa ada ramalan mulai bulan Oktober ada hujan deras yang mengakibatkan bencana alam.

Luhut menilai hal itu bisa berpengaruh pada virus corona (Covid-19).

"Saya berikan contoh, misalnya sekarang ini diramalkan juga mulai Oktober ini akan banyak hujan deras dan itu juga akan terjadi longsor, mungkin saja ada tsunami, mungkin saja ada gempa bumi. Nah itu juga berpengaruh pada tadi Covid-19. Nah ini karena ada pengungsian dan sebagainya," ujar Luhut seusai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo secara virtual, Selasa (13/10).



Hari Ini, Tambahan Pasien Sembuh Lebih Banyak dari Kasus Baru Covid-19

Dalam rapat, Jokowi mencapat laporan mengenai fenomena la nina di Samudera Pasifik yang berpengaruh pada curah hujan di Indonesia.

"Selama enam bulan ke depan ini, itu karena la nina di Pasifik itu akan berpengaruh pada hujan di Indonesia dan hujan Indonesia ini akan apa namanya akan curahnya akan bisa naik sampai 40 persen dan itu membuat supaya kita melakukan antisipasi," jelasnya.

"Tapi di samping itu juga tadi Bu Korita (Kepala BMKG Dwikorita Karnawati -red) mengingatkan bisa saja dan nanti multi-bencana misalnya la nina ini tadi hujan deras ini atau gempa atau tsunami. Nah itu perlu diantisipasi," imbuhnya.

Pemerintah akan melakukan langkah pencegahan kasus Covid-19 di pengungsian.

"Sehubungan dengan pandemik sekarang tentunya berbeda lokasi pengungsian pada saat normal. Di dalam Pemda itu bisa puluhan orang bahkan ratusan, kami lihat kondisi lapangan. Apabila gunakan tenda tidak bisa diisi sebanyak seperti kondisi normal, jumlahnya pasti kita kurangi. Tapi teknis pelaksanaan di lapangan tergantung lokasi," ujar Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara dalam kesempatan yang sama.

Sembuh dari Corona, Nunung Srimulat: Covid-19 Nggak Menakutkan, Tapi Tidak Boleh Disepelekan
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita