Jitunews.Com
13 Oktober 2020 08:30 WIB

Gara-gara Ini, ICW Minta KPK Ganti Nama Jadi...

ICW meminta KPK ganti nama karena hal ini.

sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/kpk-tanggapi-pkpu-luluskan-eks-koruptor-maju-pilkada-2020-enggak-ada-yang-lain.html ()

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta ganti nama menjadi Komisi Pencegahan Korupsi. Permintaan tersebut disampaikan oleh peneliti Indonesian Corruption Watch (ICW),  Kurnia Ramadhana.

Kurnia mengatakan alasan utama usulan tersebut karena anggaran penindakan KPK hanya 5 persen dari total anggaran Rp 1,3 triliun.

"Padahal teori pemberantasan korupsi yang idel adalah ketika dapat menyinergikan antara pencegahan dan penindakan," ujar Kurnia dilansir Detik.com.



ICW Duga Ada Belanja Rp 408 M untuk Tangkal Demo Omnibus Law, Polri Bantah: Itu untuk Tahun Depan

"Jadi kalau hanya mengandalkan pencegahan dan mengesampingkan penindakan. Maka, ICW mengusulkan agar nama KPK diubah saja. Tidak lagi Komisi Pemberantasan Korupsi akan tetapi menjadi Komisi Pencegahan Korupsi," lanjut dia.

Apalagi saat ini KPK hanya fokus dipencegahan saja sehingga minim mengungkap kasus-kasus besar. "Sebab, KPK  di bawah kepemimpinan Firli Bahuri memang terlihat hanya fokus pada kegiatan pencegahan saja. Hal itu pun dibuktikan dengan banyaknya problematika dalam sektor penindakan. Mulai dari minim mengungkap kasus besar, kegagalan meringkus buronan, sampai pada ketidakjelasan penanganan perkara yaang menjadi tunggakan di KPK,"  jelasnya.

Daripada UU Ciptaker, Jokowi Mending Fokus Berantas Korupsi
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita