Jitunews.Com
28 September 2020 14:37 WIB

Posisi Sekjen KPU Kosong, PKB: Sudah Saatnya Presiden Tentukan Nama

Nama-nama calon Sekjen sudah diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi), namun hingga kini presiden belum juga menetapkan siapa Sekjen KPU definitif.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid (Fraksipkb)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Panitia Seleksi Sekretaris Jenderal Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia telah menghasilkan tiga nama Calon Sekjen KPU RI pada tanggal 24 Juli 2020 lalu. Nama-nama calon Sekjen sudah diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi), namun hingga kini presiden belum juga menetapkan siapa Sekjen KPU definitif.

Wakil Ketua DPP PKB Bidang Pemenangan Pemilu, Jazilul Fawaid mengaskan Presiden Jokowi harus segera menetapkan satu nama, dari tiga nama yang sudah diusulkan Panitia Seleksi Sekretaris Jenderal Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (Pansel Sekjen KPU RI).

"Pansel Sekjen KPU RI sudah menyerahkan 3 nama calon pada tanggal 24 Juli 2020 lalu. Presiden harus segera menetapkan Sekjen KPU definitif," ujarnya di Jakarta, Senin (28/9/2020).



Fadli Zon: Yang Punya Kuasa Meneruskan Pilkada yang Ditakuti Corona. 

Menurutnya sudah saatnya presiden mengambil keputusan untuk menetapkan siapa yang menjadi Sekjen KPU. Hal ini penting, mengingat Pilkada serentak 2020 yang tetap akan berjalan sesuai jadwal, meski di tengah kondisi pandemi.

"Sudah saatnya Sekjen KPU ditetapkan karena kebutuhan dan urgensi yang begitu mendesak," kata dia.

"Memasuki masa Pilkada ditengah Pandemi Covid-19 ini, semestinya kinerja jajaran KPU dari pusat sampai kabupaten sudah siap sedia untuk bekerja keras," tambahnya.

Dia menambahkan karena waktu pilkada serentak sudah mepet, jika tiga nama yang diajukan ada masalah, dirinya usul segera diganti nama baru yang lebih baik.

“Jika tidak, saya kuatir kenerja KPU kurang maksimal dan tidak siap melaksanakan pilkada 9 Desember," urainya.

Dalam hal ini, Jazilul mengaku aneh atas tindakan presiden yang melakukan penundaan penetapan posisi Sekjen KPU.

“Presiden biasanya bertindak cepat, atau jangan-jangan usulan nama- namanya belum sampai dimeja kerjanya atau tidak ada 'sense of krisis' aparat dibawahnya," tukasnya.

Menantu Jokowi dan Akhyar Langgar Protokol Kesehatan Saat Kampanye, Bawaslu Beri Sanksi
Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita