Jitunews.Com
28 September 2020 14:45 WIB

Menantu Jokowi dan Akhyar Langgar Protokol Kesehatan Saat Kampanye, Bawaslu Beri Sanksi

Pasangan calon kepala daerah nomor 1 Akhyar Nasution-Salman Alfarisi dan nomor 2 Bobby Nasution-Aulia Rachman disebut melanggar protokol kesehatan

Aulia Rahman dan Bobby Nasution (Istimewa)

MEDAN, JITUNEWS.COM - Pasangan calon kepala daerah nomor 1 Akhyar Nasution-Salman Alfarisi dan nomor 2 Bobby Nasution-Aulia Rachman disebut melanggar protokol kesehatan di hari pertama kampanye Pilkada Medan.

"Paslon nomor urut 1 dan 2 melanggar protokol kesehatan misalnya menjaga jarak dan memakai masker. Melanggar protokol kesehatan itu sebenarnya hampir sama semua (paslon 1 dan 2). Konteksnya hampir sama protokol kesehatan yang dilanggar seperti menjaga jarak, acara melebihi kapasitas dalam ruangan, itu yang jadi masalah utama," kata Ketua Bawaslu Medan Payung Harahap seperti diberitakan CNNIndonesia, Senin (28/9).

Menurutnya, pelanggaran terjadi karena animo masyarakat yang tinggi. Payung Harahap mengatakan bahwa sanksi yang diberikan hanya peringatan dan penundaan kegiatan.



Desak Presiden Belarus untuk Mundur, Perancis: Lukashenko Harus Pergi

"Sebenarnya di hari pertama sih yang melanggar, mungkin animo masyarakat masih tinggi. Nah kita belum menerima secara sempurna laporan hasil pengawasan kecamatan. Kalau sanksi itu hanya peringatan dan menunda sementara kegiatan jika tidak memenuhi protokol kesehatan," ucapnya.

"Karena penegakan terhadap protokol kesehatan itu bukan Bawaslu saja. Kita tadi malam rapat di kantor melakukan koordinasi lagi dengan pihak paslon atau minimal penghubung lah. Kita sampaikan dokumen yang kita terima, sehingga ke depan tidak terjadi pelanggaran lagi," jelasnya.

Fadli Zon: Yang Punya Kuasa Meneruskan Pilkada yang Ditakuti Corona. 
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita