Jitunews.Com
27 September 2020 14:51 WIB

Minta Bio Farma Percepat Produksi Obat Covid-19, Luhut: Jangan Ada Hambatan

Menko Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta proses produksi Remdesivir secara nasional

Luhut Binsar Panjaitan (Jitunews/Latiko Aldilla Dirga)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta Bio Farma untuk mempercepat proses produksi obat Remdesivir  yang digunakan dalam penyembuhan pasien Covid-19.

"Harus diupayakan untuk segera produksi dalam negeri. Kita cari bahan-bahannya itu nanti, jadi jangan ada hambatan," ujar Luhut dalam keterangan resminya, Minggu (27/9) dikutip dari CNN Indonesia.

Untuk itu, Luhut meminta agar bahan baku obat antivirus tersebut segera disiapkan sehingga produksi nasional dapat dilakukan dalam waktu dekat.



Masa Sulit Pandemi Covid-19, Jokowi Ajak Umat Muslim Perbanyak Infaq dan Sedekah

"Strateginya untuk kepentingan emergency dan kepentingan nasional. Kami harus cepat dan jangan terlalu kaku karena ini untuk kemanusiaan," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bio Farma Honesti mengatakan bahwa mereka telah memulai proses perijinan produksi Remdesivir. Ia menjelaskan bahwa pihaknya memiliki dua cara untuk proses produksi Remdesivir.

Cara pertama adalah dengan menjalin kerjasama dengan India dan perusahaan BUMN lain untuk kepentingan uji klinis. Ia mengatakan bahwa Bio Farma sendiri saat ini telah melakukan uji klinis dalam skala pilot (percontohan) dengan tujuan untuk produksi secara nasional.

"Kedua, di samping izin impor, kami juga sedang riset untuk produksi dalam negeri," ujarnya.

Untuk mendukung proses produksi dalam negeri obat Remdesivir tersebut, Ketua BPOM Penny K Lukito mengatakan bahwa perizinan uji klinis untuk Remdesivir telah diproses.

"Terkait bahan baku dari Tiongkok, kami sudah mencatat dan akan cari jalan yang terbaik dengan tetap menjaga aspek keamanan dan mutu," ujarnya.

 

Selain Covid-19, Menko PMK Minta TBC, Demam Berdarah dan Stunting Juga Harus Diperhatikan
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita