Jitunews.Com
24 September 2020 14:12 WIB

Maman: Film G30S/PKI Adalah Sebuah Tafsir Sejarah yang Ditulis oleh Nalar Penguasa

Maman tidak ingin ada pihak yang menghidupkan hantu dan bayangan hitam masa lalu

KH. Maman Imanulhaq (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo mengajak masyarakat untuk mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September nanti, bahkan dulu Gatot juga mengajak untuk menonton film G30S/PKI.

Seruan dari Gatot tersebut mendapat tanggapan dari Ketua Umum Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA), Maman Imanulhaq. Maman mengatakan bahwa film G30S/PKI merupakan tafsir sejarah yang ditulis oleh nalar penguasa kala itu.

"Film G30S/PKI adalah sebuah tafsir sejarah yang ditulis oleh nalar penguasa ketika itu. Tentu sejarah itu perlu direvisi karena berbagai macam bukti dan fakta tidak sesuai dengan apa yang terjadi. Kita ini adalah bangsa yang besar yang butuh kejujuran butuh juga keberanian untuk mengungkapkan fakta yang sebenarnya," ujar Maman kepada wartawan, Kamis (24/9).



Kaitkan Pergantian Panglima TNI dengan Pemutaran Film G30S/PKI, Istana Sebut Gatot Nurmantyo Kebablasan

Daripada menonton film yang sudah lama, Maman berharap ada karya seni yang lain yang lebih jujur dan berani. Ia mengimbau masyarakat untuk tidak terpaku pada tafsiran sejarah.

"Maka alih-alih kita nonton produk film yang kadaluarsa saya justru berharap ada karya-karya seni yang lain yang lebih jujur lebih berani dan tentu diharapkan menjadi pijakan moral agar Indonesia lebih bisa melihat ke depan jangan terlalu terpaku kepada tafsiran sejarah sepihak kita butuh sebuah tafsiran yang lebih realistis apalagi generasi milenial hari ini lebih membutuhkan sesuatu yang jujur suatu yang lebih konstruktif untuk melihat masa depan yang akan datang," ujarnya.

Maman berharap ada pihak yang membuat produk kebudayaan yang lebih menguatkan nasionalisme.

Tanggapi Curhatan Gatot Nurmantyo, PDIP: Jabatan Itu Tak Ada yang Abadi

Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita