Jitunews.Com
19 September 2020 14:10 WIB

Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah: Wajah Islam Semakin ke Sini Semakin Berwatak Keras

Orang sedikit-sedikit mudah menganggap orang lain kafir.

Mulyadhi Kartanegara (Liputan Islam)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Mulyadhi Kartanegara angkat bicara soal wajah Islam pada masa ini yang disebutnya semakin keras. Menurutnya, tak sedikit orang yang melabeli ‘kafir’ orang lain dengan mudah.

“Wajah Islam semakin ke sini semakin berwatak keras. Orang sedikit-sedikit mudah menganggap orang lain kafir, dan sebagainya.” kata Mulyadhi di kanal YouTube Akurat.co dan Akurat Poll, Sabtu (19/9).

Mulyadhi lantas menceritakan para ilmuan Islam dahulu yang tak mudah menyalahkan orang lain meski berbeda keyakinan. Dia mengatakan, ilmuan tersebut justru belajar dengan siapa saja tanpa pandang agama yang dianut. Mereka disebut punya pemikiran yang inklusif terhadap perbedaan.



Tidak Ekstrim, Mahfud Md Sebut Islam Wasathiyah Cocok Diterapkan di Indonesia

“Para ilmuan dahulu seperti Al-Farabi dan Al-Kindi dulu kan juga pernah belajar dengan guru yang beragama Kristen. Karena mereka merasa orang yang dijadikan guru itu mumpuni dalam bidang keilmuannya, maka mereka ya sungguh-sungguh belajar kepadanya, tidak pandang agamanya apa,” terang Mulyadhi.

Dia berharap peradaban Islam di Indonesia semakin berkembang menjadi lebih baik. Selain itu, Mulyadhi ingin orang-orang Islam tak berhenti belajar mengenai peradaban dan keilmuan untuk mencari titik temu di setiap persoalan.

“Semoga di Indonesia akan semakin banyak orang Islam yang mumpuni dalam keislaman, sekaligus juga paham benar dengan peradaban dan keilmuan Barat. Sehingga ia bisa mengkombinasikan keduanya, mencari titik-titik kebenaran dan kesalahan antara dua peradaban itu. Jika demikian, maka ilmu akan terus berkembang,” ujarnya.

Waspada! Ngabalin Sebut Ada Mubaligh Jadi-jadian Penyebar Kebencian
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita