Jitunews.Com
16 September 2020 14:06 WIB

Pelaku Penusukan Syekh Ali Jaber Tak Punya Target Ulama Lain

Sejumlah saksi mengatakan Alfin resah saat mendengar suara Syekh Ali berceramah di dekat rumahnya.

Ali Jaber (YouTube)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pihak kepolisian akhirnya mengungkap motif pelaku penusukan Syekh Ali Jaber (SAJ), Alfin Andrian. Disebutkan, niat Alfin untuk melukai SAJ muncul setelah dirinya kerap mendengarkan ceramah.

"Antara tersangka dan korban ini tidak saling kenal. Tapi tiap kali ada tayangan Syekh Ali (pelaku) itu punya niatan, terbayangi, atau merasa gejolak hatinya tidak tenang," ujar Kepala Bidang Humas Polda Lampung Zahwani Pandra Arsyad, seperti dikutip dari Tempo, Rabu (16/9).

Keinginan itu kembali menggelora ketika Alfin mendengar suara Syekh Ali Jaber di acara dakwah di Masjid Falahuddin, Tamin, Tanjungkarang Pusat, Bandar Lampung. Sementara rumah Alfin tak jauh dari lokasi digelarnya kegiatan keagamaan tersebut.



Terkait Kasus Penusukan, Syekh Ali Jaber Minta Tak Dikaitkan dengan Politik

Sejumlah saksi mengatakan Alfin resah saat mendengar suara Syekh Ali berceramah di dekat rumahnya.

"Bunyi speaker itu terdengar sampai rumahnya. Ada beberapa saksi yang mengatakan dia (pelaku) di rumah itu gelisah. Masjid Falahuddin ini tidak terlalu jauh dari rumahnya sehingga terusik niatan dia," jelas Pandra.

Pandra menyebut pelaku bergerak tanpa perintah dari siapa pun atau terpengaruh obat terlarang. Pelaku juga disebut secara spesifik hanya mengarah kepada SAJ, tidak terhadap ulama lainnya.

"Syekh Ali saja, ulama lain tidak ada," lanjut Pandra.

Atas perbuatan Alfin, polisi akan menjeratnya dengan pasal berlapis, yakni Pasal 340 juncto Pasal 53 KUHP subsider Pasal 38 juncto Pasal 53 subsider Pasal 351 ayat 2, dan UU Darurat No. 12 Tahun 1951 Pasal 2 ayat 1.

"Perencanaan percobaan pembunuhan, terhadap seseorang, yang akibat tindakannya melukai orang lain dan menggunakan senjata tajam tanpa izin," tukas Pandra.

Slamet Ma'arif: Ulama Jangan Sungkan Minta Bantuan ke PA 212
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita