Jitunews.Com
10 September 2020 16:17 WIB

Jerinx Walk Out dari Sidang Pertamanya, PN Denpasar Sebut Itu Bentuk Pelanggaran

Ketua PN Denpasar sebut kehadiran terdakwa dalam sidang adalah kewajiban

Jerinx dan Nora Alexandra (Instagram)

DENPASAR, JITUNEWS.COM - Ketua Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Sobandi mengatakan bahwa aksi walk out Jerinx di sidang pertamanya yang diselenggarakan secara online adalah bentuk pelanggaran. Ia mengatakan bahwa kehadiran terdakwa dalam sidang sudah diatur dalam hukum acara Pasal 154 ayat 2.

"Kehadiran terdakwa di persidangan itu adalah kewajiban ya sesuai dengan hukum acara pidana di dalam Pasal 154 Ayat 2 di penjelasannya bisa di cek nanti, jadi kewajiban," kata Sobandi kepada wartawan, Kamis (10/9/2020).

Sobari mengatakan aksi walk out Jerinx adalah pelanggaran. Sementara Majelis Hakim tidak memungkinkan untuk mencegah Jerinx agar tetap mengikuti sidang.



Walk Out dari Sidang Online, Jerinx: Keputusan yang Diambil Bisa Kurang Tepat!

"Iya (pelanggaran). Jadi kalau terdakwa itu berbagai upaya untuk melakukan apa saja itu kan termasuk tadi dia walk out gitu kan. Mungkin majelis hakim karena sidangnya secara teleconference tidak memungkinkan secara langsung untuk memerintahkan penuntut umum jangan dikasih keluar gitu karena sedang acara jadi menurut saya majelis hakim sudah bijaksana membacakan dakwaan apalagi sebelumnya sudah ditanyakan kepada terdakwa bahwa apakah sudah diterima surat dakwaan, sudah diterima," lanjutnya.

Diketahui, Jerinx keluar dari sidang pertamanya terkait kasus 'IDI Kacung WHO'. Ia merasa keberatan dengan sidang yang dilakukan secara online. Ia menilai sidang yang dilakukan secara online tidak memberikan keputusan yang tepat. Pasalnya, Majelis Hakim tidak bisa melihat sikap dan gesturnya.

"Sehingga kemungkinan keputusan-keputusan yang diambil nanti bisa jadi kurang tepat, terima kasih Yang Mulia," ujarnya.

Sidang Perdana Kasus 'IDI Kacung WHO', Jerinx Terancam 6 Tahun Penjara
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita