Jitunews.Com
9 September 2020 21:30 WIB

Lagi Ngetren, Minuman Kopi Gula Aren Ternyata Simpan Segudang Manfaat

Minuman kekinian kopi gula aren ternyata simpan manfaat di luar dugaan.

ilustrasi (yesdok.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Di balik viralnya kopi gula aren yang sedang tren di berbagai kota di Tanah Air, ternyata minuman ini menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan seseorang.

Kandungan yang terdapat pada minuman ini, seperti zinc, zat besi, serat, magnesium, lemak, kalium, kalori dan indeks glikemik ternyata bermanfaat untuk tubuh manusia.

Berikut segudang manfaat kopi gula aren, seperti disadur dari Okezone.com, Senin (27/7/2020).



Nikmat, Ini Resep Jus Mangga Yoghurt yang Bisa Kamu Coba di Rumah!

1. Kesehatan Tulang

Kandungan kalium pada kopi gula aren ternyata bermanfaat untuk kesehatan tulang. Sebuah studi menjelaskan dengan mengonsumsi kalium yang rutin setiap hari bisa membuat tulang seseorang menjadi padat sehingga terhindar dari penyakit osteoporosis.

2. Kontrol Tekanan Darah Tinggi

Di balik rasanya yang lezat, minuman ini juga bisa mengontrol tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini dikarenakan adanya penggunaan gula aren pada minuman viral ini.

Di mana gula arena diklaim dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada seseorang. Namun perlu diingat, untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan ya.

3. Menurunkan Risiko Batu Ginjal

Manfaat ketiga dari kopi gula aren adalah menurunkan risiko penyakit batu ginjal yang disebabkan karena kekurangan kalium.

4. Menjaga Gula Darah

Kandungan indek glikemik yang rendah dibanding jenis gula lainnya, gula aren tidak akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Sehingga gula aren cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Meski mempunyai segudang manfaat, mengonsumsi kopi gula aren juga tak dianjurkan berlebihan. Pasalnya, kopi mengandunng kafein yang harus dibatasi jumlah konnsumsinya. Bersumber dari situs hellosehat.com, per hari seseorang hanya boleh minum kopi hingga 2-3 cangkir atau sekitar 400 mg hingga 600 mg kafein.

Anda juga disarankan untuk tidak mengonsumsi kopi terlalu pagi di saat keadaan perut kosong karena bisa membuat pencernaan Anda terganggu.

Bahan Makanan Pengganti Nasi yang Lazim di Indonesia
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita