Jitunews.Com
8 September 2020 16:41 WIB

Beijing Tak Akan Pernah Minta Perusahaan China untuk Transfer Informasi Data Pribadi Pengguna

Pemerintah China menegaskan kembali bahwa mereka tidak pernah sekalipun meminta perusahaan tekonologi untuk mengirim informasi pribadi pengguna dari luar negeri

Menteri Luar Negeri China Wang Yi (China Daily)

BEIJING, JITUNEWS.COM - Pemerintah China menegaskan bahwa selama ini mereka tidak pernah sekalipun meminta perusahaan-perusahaan teknologi untuk melanggar hukum dan melakukan transfer data dari luar negeri, dan tidak akan melakukan hal itu di masa mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri China Wang Yi dalam seminar internasional mengenai Global Digital Governance.

"Ekonomi digital di China terus berkembang. Ada lebih dari 900 juta netijen, termasuk kelompok 5G subscriber yang berkembang pesat hingga mencapai 88 juta, di China. Ekonomi Digital menyumbang lebih dari sepertiga PDB China. Kami memiliki ketentuan hukum yang jelas untuk melindungi hak dan kepentingan warga masyarakat dan organisasi, termasuk keamanan data dan informasi personal," kata Wang dalam sebuah pernyataan tertulis yang diunggah ke dalam situs resmi Kemenlu China, dikutip dari Sputnik News pada Selasa (8/9).

"Kami belum pernah dan tidak akan meminta perusahaan-perusahaan China untuk mentransfer data luar negeri kepada pemerintah yang melanggar hukum di negara lain," tambahnya.



Hadapi Turki dalam Konflik Laut Mediterania, Yunani Segera Perkuat Sektor Pertahanan

Pernyataan tersebut dilontarkan menyusul Pemerintah AS mengklaim China memanfaatkan perusahaan-perusahaan teknologi China, termasuk Huawei dan TikTok, untuk mengakses informasi data pribadi pengguna dari negara asing. AS menilai hal tersebut mengancam keamanan nasional sehingga mereka melarang penggunaan aplikasi dan teknologi buatan China, serta menjatuhkan sanksi terhadap perusahaan-perusahaan yang mereka anggap membantu pemerintah China.

Uni Eropa Minta Inggris Hormati Kesepakatan Brexit Jika Masih Ingin Lanjut Kerja Sama
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita