Jitunews.Com
26 Agustus 2020 22:30 WIB

Duh, Ternyata Hand Sanitizer Hanya Mampu Melindungi Tangan dari Covid-19 Selama....

Hand sanitizer melindungi tangan hanya dalam waktu sebentar saja.

(ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Salah satu pencegahan penularan Covid-19 atau virus corona adalah dengan menggunakan hand sanitizer. Cairan pembersih tangan itu diklaim ampuh membunuh kuman, bakteri, maupun virus yang menempel di tangan, termasuk Covid-19.

Hand sanitizer banyak digunakan masyarakat jika mereka sulit menemukan tempat cuci tangan. Namun, kira-kira berapa waktu hand sanitizer dapat memberikan perlindungan dari virus yang menempel di tangan?

Dikabarkan Okezone.com dari Times of India, larutan kimia yang terdapat di hand sanitizer hanya bisa melindungi tangan dari paparan virus selama kurang lebih dua menit. Sehingga, cairan pembersih tangan ini tak bisa memberikan perlindungan yang lama terhadap paparan virus.



Izinkan Bioskop Dibuka, Satgas: Imunitas Masyarakat Bisa Meningkat Karena Bahagia

Adapun waktu dua menit itu dengan syarat cairan pembersih tangan mengandung 60 persen alkohol dan diaplikasikan selama 30 detik pada telapak tangan.

Maka dari itu, para ahli sepakat cara terbaik untuk melindungi tangan dari paparan Covid-19 adalah mencuci tangan dengan sabun bukan penggunaan hand sanitizer yang hanya bisa melindungi dua menit saja.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Ari Fahrial Syam mengatakan hand santizer membutuhkan waktu satu menit untuk membunuh virus, termasuk Covid-19.

"Dalam satu menit. Maka, saat kita menggunakan hand sanitizer, kita diamkan atau keringkan dulu selama satu menit. Kita berharap kalau di tangan kita ada virus, si virus ini akan mati," ujar Ari seperti dilaporkan Detik.com, Sabtu (21/3/2020).

Oleh karena itu, Ari berpesan kepada masyarakat untuk tidak menyentuh permukaan benda atau barang apapun setelah menggunakan hand sanitizer. Selain itu, seusai menggosok-gosokkan hand sanitizer ke tangan jangan lupa dikeringkan terlebih dahulu untuk memaksimalkan fungsi cairan tersebut dalam membunuh virus.

Jokowi Sebut Krisis Akibat Pandemi Covid-19 Merupakan Momentum Tepat untuk Berbenah
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita