Jitunews.Com
18 Agustus 2020 08:00 WIB

Disarankan Mandi Air Dingin Setelah Olahraga, Ternyata Ini Alasannya

Salah satu manfaat mandi dengan air dingin yaitu mengurangi otot yang bengkak

Ilustrasi Mandi (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Olahraga menjadi aktivitas yang banyak digemari masyarakat selama pandemi corona. Selain meningkatkan kebugaran tubuh, olahraga dilakukan sebagai rutinitas mengisi waktu lantaran banyak kegiatan yang dilakukan di rumah.

Pada umumnya, usai berolahraga orang-orang akan mandi dengan air hangat untuk merilekskan kembali otot-otot dalam tubuh. Namun, seorang instruktur olahraga Emma Obayuvana justru menyarankan mandi dengan air dingin. Hal tersebut dipercaya dapat mengembalikan otot-otot yang bengkak selama berolahraga.

"Mandi air dingin mengurangi inflamasi pada otot, bengkak dan rasa sakit," kata Obayuvana seperti yang Jitunews kutip dari Stylist.com, Selasa (18/8/2020).



Catat! Jangan Abaikan Empat Aturan Ini Bagi Pegowes Pemula

Obayuvana juga menjelaskan bahwa mandi dengan air dingin dapat memicu pelepasan neurotransmitter yang bisa meningkatkan suasana hati. Dengan demikian, anda akan menjadi lebih bersinergi dan bersemangat dalam menjalani hari.

Sementara itu, instruktur olahraga Kerry Dixon mengatakan bahwa mandi dengan air dingin setelah berolahrga dapat mempersempit pembuluh darah sehingga ada penurunan aktivitas metabolisme yang dapat mengurangi kerusakan jaringan.

"Setelah mandi tubuh anda akan menghangat kembali, darah mengalir kembali ke otot yang terdampak. Ini membantu membuang produk sampingan yang tidak diinginkan seperti asam laktat dengan lebih efisien," ujarnya.

Kesulitan Bangun Pagi? Begini Tips Jitu Mengatasinya
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita