Jitunews.Com
17 Agustus 2020 17:30 WIB

Lembah Kematian di California Jadi Tempat Terpanas di Muka Bumi

Dengan suhu yang mencapai 54,4 derajat Celsius, Death Valley atau Lembah Kematian yang berada di California, Amerika Serikat, menjadi tempat terpanas di seluruh permukaan planet bumi

Death Valley, California (The Guardian)

LOS ANGELES, JITUNEWS.COM - Lembah Kematian yang berada di wilayah negara bagian California tercatat menjadi kawasan dengan temperatur tertinggi di seluruh permukaan bumi sejauh ini dengan suhu mencapai 54,4 derajat Celcius atau 129,9 derajat Fahrenheit.

Stasiun BMKG Amerika Serikat yang berada di Furnace Creek, di perbatasan dengan negara bagian Nevada, menyatakan bahwa suhu tertinggi tersebut terjadi pada Minggu pukul 3:41 sore.

"Temperatur tinggi yang diamati tersebut masih merupakan hipotesis dan belum diumumkan secara resmi," demikian pernyataan BMKG Las Vegas, dikutip dari The Guardian pada Senin (17/8).



Tak Akan Gelar Pemilu Ulang di Belarus, Lukashenko: Negara Ini Akan Mati

"Jika terverifikasi, suhu tersebut menjadi suhu tertinggi di permukaan bumi sejak bulan Juli 1913, yang juga terjadi di Lembah Kematian," tambahnya.

Menurut Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), suhu tertinggi yang pernah tercatat di Lembah Kematian mencapai 134 derajat Fahrenheit atau 56,7 derajat Celsius. Itu terjadi pada tanggal 10 Juli 1913 silam, yang hingga kini masih menjadi suhu tertinggi yang tercatat di seluruh permukaan planet.

Bob Henson, seorang pakar meteorologi, mengatakan: "Hal ini memungkinkan bagi Lembah Kematian untuk mencetak rekor dunia baru. Kondisi alam di sekitar kawasan dengan pola cuaca yang sangat ekstrem tersebut memungkinkan hal itu terjadi."

Sementara itu, Prof James Renwick, salah satu pakar yang ikut serta dalam Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), mengatakan bahwa suhu yang tercatat di Lembah Kematian tersebut perlu dikaji terlebih dahulu sebelum diumumkan secara resmi.

"Hal itu untuk memastikan bahwa suhu yang tercatat tersebut tepat," katanya.

Kecam Kesepakatan UEA-Israel, Warga Palestina Injak-injak dan Bakar Foto Netanyahu
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita