Jitunews.Com
12 Agustus 2020 21:30 WIB

Presiden Iran Siap Bantu Lebanon Restorasi Pelabuhan Beirut

Hassan Rouhani mengatakan bahwa pihaknya siap membantu semua yang diperlukan oleh Lebanon untuk membangun kembali pelabuhan Beirut yang hancur akibat ledakan pada pekan lalu

Presiden Iran Hassan Rouhani (istimewa)

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Presiden Iran, Hassan Rouhani, pada Rabu (12/8) mengatakan bahwa pihaknya siap untuk membantu Lebanon dalam pembangunan kembali pelabuhan Beirut yang hancur akibat ledakan besar yang terjadi pada pekan lalu.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini merupakan waktu yang tepat untuk memberikan uluran tangan kepada Lebanon, bukan untuk memanfaatkan situasi yang terjadi di sana untuk kepentingan tertentu. Ia menambahkan bahwa Iran telah menyediakan bantuan medis dan siap untuk melakukan semua yang diperlukan.

"Dalam percakapan telepon dengan Presiden Labanon (Michel Aoun), Saya berjanji, jika mereka membutuhkan sesuatu, mereka tinggal mengatakannya saja dan kami akan membantunya, bahkan untuk restorasi pelabuhan. Kami siap membantu," kata Rouhani.



Jika Joe Biden Menang Pilpres AS, Trump: Anda Harus Bisa Bahasa China

Insiden ledakan Beirut diketahui telah memicu amarah rakyat untuk turun ke jalan guna mendesak adanya revolusi di pemerintahan Lebanon, yang menyebabkan mundurnya sejumlah pejabat penting termasuk perdana menteri Hassan Diab.

Ledakan dahsyat tersebut menewaskan lebih dari 170 orang dan melukai ribuan warga Beirut. Menurut otoritas setempat, penyebab ledakan adalah timbunan 2,750 ton senyawa ammonium nitrat yang terbengkalai sejak 2014 silam. Bebagai negara dan organisasi internasional juga telah menawarkan dan mengirimkan bantuan mereka untuk rakyat Lebanon.

Menteri Keuangan Inggris Akui Negaranya Tengah Alami Krisis Ekonomi
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita