Jitunews.Com
10 Agustus 2020 17:10 WIB

Sambut Kedatangan Menkes AS di Taiwan, China Kirim Sejumlah Jet Tempur

Kementerian Pertahanan Taiwan menyatakan bahwa pihaknya berhasil mengusir sejumlah pesawat tempur milik China yang berupaya memasuki wilayah udaranya sehari usai Menteri Kesehatan AS datang di Taipei

Pesawat tempur milik Rusia (Al Jazeera)

TAIPEI, JITUNEWS.COM - Pasukan Angkatan Udara Taiwan telah mengusir sejumlah pesawat tempur China yang mencoba memasuki wilayah udara mereka pada Senin pagi (10/8) atau sehari usai Menteri Kesehatan AS Alex Azar tiba di Taipei.

Dilansir dari Al Jazeera pada Senin (10/8), Kementerian Pertahanan Taiwan menyatakan bahwa sejumlah jet tempur milik tentara China tersebut diketahui terpantau melalui radar yang berada pada rudal darat anti pesawat tempur dan telah memasuki garis perbatasan kedua negara di Selat Taiwan. Namun, sejauh ini belum ada pernyataan dari Beijing terkait insiden tersebut.

Sebelumnya, pemerintah China yang mengklaim Taiwan merupakan wilayah mereka, telah memperingatkan AS untuk membatalkan rencana kunjungan salah satu pejabatnya ke Taiwan karena hal tersebut akan meningkatkan ketegangan dalam hubungan China dengan Taiwan dan AS.



AS Jatuhkan Sanksi Personal kepada Pemimpin Hong Kong Carrie Lam

Alex Azar sendiri merupakan pejabat tertinggi AS yang pertama kali yang telah berkunjung di Taiwan sejak tahun 1979 silam, dimana Washington pada tahun tersebut memutuskan hubungan diplomasi dengan Taiwan karena dinilai masih merupakan wilayah kekuasaan Beijing. Meskipun demikian, namun AS dan Taiwan masih menjaga kedekatan hubungan mereka secara tidak resmi.

Belakangan ini, AS telah mengerahkan sejumlah kapal perang mereka di perairan Selat Taiwan untuk menantang klaim teritorial China. Bahkan, AS terus memperkuat hubungan mereka dengan Taiwan akhir-akhir ini melalui perdagangan senjata dan latihan militer gabungan, yang jelas membuat China daratan meradang.

Kontra Intelijen AS Waspadai China dan Rusia Intervensi Pemilu AS
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita