Jitunews.Com
10 Agustus 2020 16:42 WIB

Galang Donasi untuk Ledakan Beirut, Perancis Desak Pemerintah Lebanon untuk Reformasi

Presiden Perancis Emmanuel Macron mendesak pemerintah Lebanon untuk mendengarkan suara rakyat yang meminta adanya reformasi di negara tersebut

Ledakan di kawasan pelabuhan Beirut, Lebanon (Al Jazeera)

PARIS, JITUNEWS.COM - Sejumlah negara di dunia sepakat untuk menyalurkan donasi hingga USD 300 juta untuk membantu masyarakat Lebanon yang tengah berada dalam situasi krisis yang diperparah dengan adanya insiden ledakan dahsyat di Beirut pada Selasa pekan lalu.

Dalam sebuah konferensi yang digelar secara online dari Paris, Perancis, semua perwakilan internasional sepakat untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan langsung kepada masyarakat tanpa melalui pemerintah setempat. Mereka juga menawarkan batuan dalam proses penyelidikan terkait insiden ledakan secara kredibel dan independen.

Presiden Perancis Emmanuel Macron, yang bertindak sebagai tuan rumah konferensi tersebut mengatakan bahwa dana bantuan tersebut akan digunakan untuk mendukung pelayanan kesehatan, bantuan pangan, pendidikan dan perumahan.



Beirut Hancur Akibat Ledakan, Warga: Kami Tak Mungkin Mampu Membangun Kembali

Selain itu, ia juga mendesak pemerintah Lebanon untuk segera melakukan reformasi politik dan ekonomi seperti apa yang diminta oleh rakyat Lebanon.

"Pemerintah Lebanon saat ini harus memberlakukan reformasi politik dan ekonomi yang diminta oleh rakyat yang akan memungkinkan komunitas internasional untuk secara efektif bersama Lebanon dalam melakukan pembangunan kembali," ujar Macron dikutip dari Al Jazeera pada Senin (10/8).

Sejauh ini, Perancis telah mengorganisir empat konferensi untuk Lebanon dalam 20 tahun terakhir dan telah menjanjikan lebih dari USD 20 miliar dana bantuan dengan syarat pemerintah Lebanon terlebih dahulu telah memberlakukan reformasi.

Macron menegaskan bahwa proses penyaluran bantuan kemanusaiaan dan investigasi yang kredibel mengenai asal muasal insiden ledakan tersebut akan diawasi langsung oleh pihak PBB.

"Ini merupakan sebuah permintaan yang sangat kuat dari rakyat Lebanon. Ini adalah masalah keyakinan...dan harus dilakukan," tegasnya.

Soal Sebab Ledakan Beirut, Presiden Lebanon: Ada Kemungkinan Intervensi Pihak Asing
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita