Jitunews.Com
7 Agustus 2020 16:30 WIB

Tak Ingin Bernasib seperti Lebanon, India Amankan Kargo Berisi 740 Ton Ammonium Nitrat

Bea Cukai India mengamankan sebuah kargo yang berisi 740 ton senyawa kimia ammonium nitrat

Ilustrasi. (Istimewa)

NEW DELHI, JITUNEWS.COM - Pihak bea cukai India mengamankan sebuah kontainer yang berisi 740 ton ammonium nitrat, senyawa kimia yang diduga kuat sebagai penyebab ledakan dahsyat di pelabuhan Beirut, Lebanon pada Selasa (4/8) lalu.

Lebih dari 157 orang tewas dan lima ribu warga terluka usai sebuah gudang yang menyimpan senyawa kimia dalam jumlah besar tersebut meledak. Ledakan juga merusak sebagian besar gedung yang berada di Beirut.

Otoritas bea cukai kota Chennai, India selatan mengatakan bahwa senyawa kimia tersebut tersimpan di dalam peti kemas di pelabuhan yang berjarak kurang lebih 20 kilometer dari pemukiman.



Kunjungi Lokasi Ledakan Beirut, Presiden Perancis Jamin Bantuan Tidak Berada di Tangan Koruptor

"Kargo yang diamankan tersebut disimpan dengan aman," kata otoritas setempat dalam pernyataannya, dikutip dari CNA pada Jumat (7/8).

Senyawa kimia ammonium nitrat merupakan bahan baku pembuatan pupuk dan beberapa peledak, dan sering digunakan pada industri pertambangan di India.

Seorang pejabat bea cukai India mengatakan bahwa kargo yang diamankan tersebut diketahui diimpor oleh Amman Chemicals, sebuah perusahaan di negara bagian Tamil Nadu, India, pada tahun 2015 yang lalu, yang kemudian disita karena melanggar aturan impor.

 

China Kecam Negosiasi Perdagangan Senjata AS-Taiwan
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita