Jitunews.Com
7 Agustus 2020 10:39 WIB

AS Cabut Larangan Perjalanan Internasional

Pemerintah AS mencabut larangan perjalanan internasional bagi semua warganya

Ilustrasi Pintu Kedatangan di Bandara (istimewa)

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Amerika Serikat pada Kamis (6/8) mencabut sebuah peringatan larangan bagi masyarakat AS untuk melakukan perjalanan ke luar negeri di tengah pandemi Covid-19. Kementerian Dalam Negeri AS mengatakan mereka akan membuka perjalanan internasional dengan tetap memperhatikan tingkat penyebaran kasus Covid-19.

"Dengan adanya peningkatan kondisi kesehatan dan keamanan di sejumlah negara, Kementerian mengembalikan sistem yang berlaku sebelum (pandemi Covid-19)," demikian pernyataan Kementerian Dalam Negeri AS dikutip dari CNA pada Jumat (7/8).

"Kami tetap menyarankan warga AS untuk selalu waspada saat melakukan perjalanan internasional karena pandemi tidak bisa diprediksi," tambahnya.



WHO Sebut Ekonomi Global Bisa Cepat Pulih Jika Vaksin Tersedia untuk Semua Orang

Pengumuman tersebut muncul seiring dengan upaya Trump yang tengah mencari peluang untuk menormalkan kembali kehidupan di AS, yang sejauh ini menjadi negara dengan jumlah kasus kematian terbesar di dunia akibat Covid-19.

Meski mencabut pembatasan perjalanan internasional untuk sebagian besar negara di dunia, namun AS masih belum membuka wilayah perbatasan mereka untuk semua pengunjung yang berasal dari Uni Eropa, yang juga melarang warga AS untuk masuk ke wilayah mereka karena adanya resiko peningkatan kasus Covid-19.

Dengan dicabutnya larangan perjalan ke luar negeri tersebut, AS masih memberlakukan kebijakan karantina bagi semua pendatang, berdasar tingkat penyebaran kasus Covid-19 di negara asal.

Untuk kategori Level satu, pelancog dari AS dipersilahkan untuk mengunjungi Taiwan dan Australia usai negara tersebut diklaim berhasil menangani wabah Covid-19 dengan baik.

AS memberikan status level 3 kepada sejumlah negara seperti Inggris, Perancis, Jerman, Vietnam, Sri Lanka, Liberia, Armenia, Filipina, dan Laos, yang berarti pelancong dari AS hendaknya mempertimbangkan kembali rencana mereka.

Sementara untuk level 4, diberlakukan untuk India, Rusia, Bangladesh, Kosta Rika, Mesir, Haiti, Iran dan Libya, dimana AS akan memperingatkan warga untuk tidak mengunjungi negara tersebut karena adanya peningkatan kasus Covid-19 yang cukup signifikan.

Telepon Pentagon, Menhan China Minta AS Batalkan Kunjungan ke Taiwan
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita