Jitunews.Com
7 Agustus 2020 09:30 WIB

WHO Sebut Ekonomi Global Bisa Cepat Pulih Jika Vaksin Tersedia untuk Semua Orang

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan bahwa pemulihan perekonomian global dapat dipercepat jika semua orang di dunia mendapatkan vaksin Covid-19

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus (national geographic Indonesia)

JENEWA, JITUNEWS.COM - Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Kamis (6/8) mengatakan bahwa kondisi perekonomian global akan segera pulih jika vaksin Covid-19 tersedia untuk semua orang di seluruh dunia.

"Berbagi vaksin atau peralatan (medis) lainnya sebenarnya dapat membantu dunia untuk segera pulih bersama. Pemulihan ekonomi dapat dipercepat dan dampak buruk dari virus Covid-19 bisa berkurang," kata Tedros dalam sebuah panel diskusi dengan Forum keamanan Aspen yang dihelat secara online.

"Nasionalisasi vaksin tidaklah (gagasan) yang bagus, hal itu tidak dapat menolong kita," lanjutnya.



Wabah Covid-19 Kembali Muncul, Vietnam Tak Akan Kembali Lockdown

Pada Senin awal pekan ini, Tedros mengatakan bahwa wabah virus Corona Covid-19 merupakan keadaan darurat kesehatan terbesar sejak awal abad ke-20, dan perlombaan program vaksin juga tidak pernah terjadi sebelumnya.

"Kita harus memanfaatkan momentum ini untuk bersama-sama dalam kesatuan dan solidaritas global guna mengendalikan wabah Covid-19. Tidak ada negara yang aman hingga kita semua aman," tegasnya.

Sementara itu, Direktur keadaan darurat WHO, Mike Ryan, mengatakan bahwa kandidat vaksin yang diajukan oleh Rusia masih perlu melewati tahapan uji coba guna memastikan keamanan dan keefektifannya.

 

Data Terbaru Covid-19 di Indonesia, Kasus Positif Bertambah 1.882
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita