Jitunews.Com
31 Juli 2020 10:21 WIB

Ilmuwan Berhasil Bangkitkan Makhluk Berusia 100 Juta Tahun yang Ditemukan di Dasar Laut

Tim peneliti berhasil menghidupkan kembali mikroba yang diketahui berusia sekitar 100 juta tahun

Tim peneliti yang berhasil membangkitkan mikroba berusia 100 juta tahun (the jkarta post)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tim peneliti asal Jepang mengatakan bahwa mereka telah berhasil menghidupkan kembali sejumlah microba berusia sekitar 100 juta tahun yang mereka dapatkan dari sejumlah sample sedimen yang diambil dari dasar laut.

Organisme berukuran mini tersebut berhasil bertahan hidup di dasar Samudera Pasifik selama 100 juta tahun di dalam sedimen yang tidak ditemukan banyak nutrisi, namun memiliki kandungan oksigen yang cukup.

Mikroba merupakan salah satu organisme sederhana yang ada di bumi, beberpaa dari mereka dapat hidup di lingkungan yang ekstrem, dimana organisme yang lebih kompleks tidak dapat bertahan.



Seberapa Efektifkah Sinar Matahari dalam Membunuh Virus Corona Covid-19?

"Saat saya menemukannya, awalnya saya merasa ragu bahwa penemuan ini berasal dari eksperimen yang gagal," kata Yuki Morono, ketua tim peneliti kepada AFP.

"Namun sekarang kami tahu bahwa tidak ada batasan umur bagi (organisme yang hidup) di lingkungan dasar laut," tambahnya.

Sementara itu, Steven D'Hondt, seorang profesor dari Universitas Rhode Island, mengatakan bahwa mikroba tersebut berasal dari sample tertua yang pernah ditemukan oleh manusia, yang diambil dari dasar laut.

"Di dalam sedimen tertua yang pernah kami gali, dengan jumlah makanan yang sangat kurang, masih ada organisme yang hidup, dan mereka bisa bengun, berkembang dan menggandakan diri," katanya.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa bakteri dapat bertahan hidup dalam lingkungan yang sangat keras, termasuk di dasar laut yang tingkat oksigen di lingkungan tersebut sangat minim, atau hampir tidak ada, serta membuktikan bahwa organisme mungil tersebut tidak memiliki konsep batas usia.

Tak Main Kamera Lagi, Kodak Pindah Haluan jadi Perusahaan Farmasi
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita