Jitunews.Com
29 Juli 2020 19:00 WIB

Rayakan Idul Adha, Taliban Hentikan Serangan di Afghanistan Selama Tiga Hari

Kelompok militan Taliban mengumumkan akan menghentikan serangan di semua wilayah Afghanistan selama tiga hari perayaan Idul Adha

Anggota Pasukan Taliban (istimewa)

KABUL, JITUNEWS.COM - Kelompok militan Taliban pada Selasa (28/7) mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan serangan harian mereka di Afghanistan selama perayaan hari raya Idul Adha yang jatuh pada Jumat (31/7) pekan ini, hingga Minggu (2/8).

Pengumuman Taliban tersebut tentunya menjadi isyarat dimulainya kembali negosiasi perdamaian dengan pemerintah Afghanistan yang sebelumnya telah ditunda dalam waktu yang lama. Sebelumnya, presiden Afghanistan Ashraf Ghani telah memberikan sinyal bahwa negosiasi dengan Taliban bisa segera dimulai pada pekan depan.

"Untuk menunjukkan bahwa pemerintah (Afghanistan) sangat berkomitmen dalam perdamaian, Negara Republik Islam ini segera membebaskan 5 ribu tahanan Taliban," kata Ghani dikutip dari Al Jazeera pada Rabu (29/7).



Bill Gates: Remdesivir Turunkan Resiko Kematian Akibat Covid-19

"Dengan langkah ini, kami berharap adanya awal dari negosiasi langsung dengan Taliban dalam waktu satu pekan," tambahnya.

Juru bicara pemerintah Afghanistan, Sediq Sediqqi, kepada kantor berita AFP mengatakan bahwa pihaknya akan memantau penghentian serangan Taliban tersebut.

"Masyarakat Afghanistan meminta sebuah penghentian serangan selamanya dan adanya awal dari negosiasi langsung antara Taliban dan pemerintah Afghanistan," kata Sediqqi.

Sementara itu, Dalam pernyataan tertulisnya, Zabihullah Mujahid, juru bicara Taliban meminta semua pejuang Taliban untuk menghentikan operasi mereka dalam waktu tiga hari tiga malam selama perayaan Idul Adha....sehingga warga negara Afghanistan dapat menghabiskan waktu Idul Adha dengan penuh kebahagiaan.

Meskipun demikian, ia menegaskan bahwa semua serangan yang dilakukan oleh pihak musuh akan tetap mereka balas.

Gencatan senjata tersebut akan menjadi gencatan senjata ketiga yang dilakukan sejak meletusnya konflik antara kedua belah pihak sejak tahun 2001 silam. Dua gencatan senjata lainnya terjadi pada bulan Juni 2018 dan bulan Mei lalu yang bertepatan dengan perayaan hari raya Idul Fitri.

Tak Main Kamera Lagi, Kodak Pindah Haluan jadi Perusahaan Farmasi
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita