Jitunews.Com
23 Juli 2020 13:15 WIB

Dituding Ambil Keputusan Sepihak, Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu menggugat Menteri BUMN, Erick Thohir dan jajaran direksi PT Pertamina

(kompas.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSBB) menggugat Menteri BUMN, Erick Thohir dan jajaran direksi PT Pertamina (Persero).

Kepala Bidang Media FSPPB, Marcellus Hakeng Jayawibawa, mengatakan bahwa pihaknya menilai Erick dan jajaran direksi mengambil keputusan secara sepihak tanpa melibatkan serikat pekerja Pertamina. Marcellus mengatakan Erick mengambil keputusan tentang pemberhentian, perubahan nomenklatur jabatan, pengalihan tugas dan pengangkatan Direksi Pertamina.

"Sebagai perwakilan seluruh sekerja di lingkungan Pertamina, FSPPB tidak pernah dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan tersebut," kata Marcellus dalam keterangannya yang dilansir dari Tempo, Kamis (23/7).



Vaksin Covid-19 Tiba di Indonesia, Erick Thohir: Baru Bisa Beredar Awal Tahun Depan

Keputusan tersebut kemudian diikuti dengan Surat Keputusan Direktur Utama Pertamina tentang Struktur Organisasi Dasar Pertamina yang ditandai dengan pembentukan lima anak perusahaan atau subholding Pertamina.

Menurutnya, keputusan mengenai penggabungan, peleburan, pengambil-alihan, dan perubahan bentuk badan hukum wajib memperhatikan kepentingan karyawan yang diwakili oleh serikat pekerja.

Sementara itu, Pengurus Bidang Hubungan Industrial dan Hukum FSPPB, Dedi Ismanto, mengatakan bahwa keputusan Erick tak hanya merugikan pekerja tapi juga mengakibatkan peralihan keuangan dan aset-aset negara yang sebelumnya dikuasai Pertamina berubah dikuasai anak-anak perusahaan alias subholding.

Sementara itu Pengurus Bidang Hubungan Industrial dan Hukum FSPPB, Dedi Ismanto, menerangkan keputusan Erick tidak hanya merugikan pekerja karena jabatan. Namun, hak, kewajiban dan status kepegawaian yang berubah. Keputusan itu juga mengakibatkan peralihan keuangan, dan aset-aset negara yang sebelumnya dikuasai Pertamina berubah kedudukannya dikuasai anak-anak perusahaan alias subholding. Ia khawatir kebijakan tersebut bisa membuat Pertamina diprivatisasi.

Erick Thohir Jadi Ketua Tim Pemulihan Ekonomi, Demokrat: Beliau Pasti Terbebani

Halaman:
  • Penulis: Admin

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita