Jitunews.Com
22 Juli 2020 04:30 WIB

Kesulitan Bangun Pagi? Begini Tips Jitu Mengatasinya

Kelelahan menjadi salah satu penyebab seseorang susah bangun pagi

ilustrasi (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Psikoterapis sekaligus penulis Heal Your Drained Brain, Dr Mike Dow, Psy.D., Ph.D., mengatakan pada Bustle beberapa alasan seseorang sulit bangun tidur pada pagi hari. Ia menjelaskan bahwa kelelahan setelah beraktivitas seharian menjadi penyebab seseorang sulit bangun pagi. Selain itu, lingkungan tidur yang ramai juga akan membuat seseorang tidur lebih larut sehingga berdampak pada sulitnya bangun pagi.

"Jika anda memiliki salah satu gen 'mornin person', kadar melatonin (hormon tidur) cenderung naik lebih awal di malam hari dan turun lebih awal di pagi hari daripada seseorang dengan gen 'night owl," ujar dr Dow.

Dr Dow memberikan solusi yang jitu agar bisa bangun pagi dengan kondisi yang segar. Ia menyarankan agar cuci muka dengan air dingin selama 30 detik.



Sering Dilakukan, Kebiasaan di Kamar Mandi Ini Justru Timbulkan Penyakit

"Air dingin dapat menurunkan hormon stres anda dan bisa menjadi semacam terapi agar seseorang tidak mengantuk," ujarnya.

Selain itu anda bisa menyemprotkan aroma levender di bantal. Tentu saja perawatan diri seperti mandi dan olahraga yoga dan meditasi perlu dilakukan agar tubuh tetap segar sehingga tidak ada keinginan untuk tidur kembali. Ia juga menyarankan agar tidak meminum kopi sebelum tidur karena akan mengganggu durasi tidur.

Kebiasaan yang Salah dalam Menggunakan Smartphone, Bahaya!
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita