Jitunews.Com
20 Juli 2020 09:15 WIB

Kasus Corona Terus Meningkat, Perhatikan 3 Pantangan Ini Saat Bekerja di Kantor

Pemerintah sebut penularan corona paling banyak terjadi di perkantoran

TeamWork ()

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Juru bicara pemerintah penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan bahwa penularan virus corona paling banyak terjadi di area perkantoran. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat bekerja di kantor.

Berikut tiga pantangan yang harus diperhatikan saat bekerja di kantor:

1. Tidak dianjurkan masuk kerja di waktu yang bersamaan



Usai Jerinx, Kini Giliran Anji Terima Tantangan Bertemu Pasien Covid-19 Tanpa APD

Pemerintah menganjurkan agar waktu kerja dibagi menjadi dua shift. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan terutama saat berada di transportasi umum. Shift pertama bisa dimulai lebih awal yakni pukul 7 atau 7.30, sementara shift kedua bisa dimulai pukul 10 atau 10.30.

"Ini ditujukan agar tidak terjadi penumpukan di sarana transportasi umum," ujar Yurianto dalam konferensi persnya.

2. Tidak ngobrol

Saat bekerja dilarang mengobrol satu sama lain. Hal tersebut lantaran corona dapat menular melalui droplet atau bercak dahak yang keluar dari mulut dan hidung. Menurut Yurianto, mikrodroplet dapat bertahan lama di udara.

"Tetap menggunakan masker dan diupayakan tidak mengadakan pembicaraan sama sekali," pesan Yuri bagi pekerja terutama saat berada di transportasi umum.

3. Batasi rapat

Yuri juga menganjurkan untuk meminimalisir rapat apabila memang tidak sangat mendesak. Ia menyarankan agar rapat dilakukan secara online. Namun apabila kondisi mengharuskan untuk rapat secara tatap muka maka batasi jarak sehingga tetap menerapkan physical distancing. Waktu rapat juga dibatasi maksimal 30 menit, sehingga yang disampaikan yang penting saja. Kemudian tidak menghidangkan makanan dan peserta rapat tetap menggunakan masker.

Minta Darurat Covid-19 Diperpanjang, DPRD DIY: Kita Dikepung Daerah Merah
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita