Jitunews.Com
17 Juli 2020 20:17 WIB

Stop Bermain Ponsel Sebelum Tidur Jika Tidak Ingin Hal Ini Terjadi

Penggunaan ponsel sebelum tidur akan mengganggu kesehatan tubuh

Ilustrasi. (esmaslatino.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Ponsel atau handphone menjadi barang utama yang harus ada di sekitar kita. Tanpa ada handphone seseorang biasanya akan merasa resah. Bahkan menjelang tidur pun seseorang masih menggunakan handphone. Padahal penggunaan handphone sebelum tidur sangat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Membuka handphone sebelum tidur sangat tidak dianjurkan. Selain mengganggu kualitas tidur, waktu tidur menjadi berkurang. Ketika masuk jam tidur namun kita menatap cahaya handphone, akan berakibat Delayed Sleep Phase. Ini merupakan gangguan tidur karena ritme sirkadian.

Ritme sirkadian merupakan waktu biologis manusia yang peka terhadap cahaya. Ketika berada di tempat yang gelap lama kelamaan akan mengantuk. “Ritme sirkadian kita masih sama dengan nenek moyang, begitu gelap, ngantuk. Masalahnya kita hampir 24 jam terang, sudah matikan lampu tapi masih main gadget jadi mata seperti disinari,” kata dr. Andreas praktisi kesehatan tidur RS Mitra Kebayoran, Jakarta seperti dilansir kumparan, Selasa (29/10/2019).



Nggak Harus Minum Obat, Buah-Buahan Ini Bisa Redakan Batuk

dr. Andreas menjelaskan efek kurang dapat memicu berbagai macam penyakit. “Berakibat langsung pada risiko-risiko penyakit jantung, hipertensi, gangguan metabolisme, seperti diabetes, obesitas, ada kemungkinan gangguan pada kesuburan,” tambahnya.

Lebih kanjut, dr Andreas mengatakan bahwa penggunaan handphone sebelum tidur sangat berbahaya bagi wanita. Pasalnya penggunaan handphone sebelum tidur juga berpotensi memicu penyakit kanker payudara.

“Perempuan yang sehat, diet terjaga, olahraga rutin, tapi durasi tidurnya tujuh jam, memiliki risiko kanker payudara hingga 37 persen berdasarkan penilitian di Inggris,” pungkasnya.

Kebiasaan yang Salah dalam Menggunakan Smartphone, Bahaya!
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita