Jitunews.Com
11 Juli 2020 05:30 WIB

Pembobol Data Pribadi Denny Siregar Ditangkap, Motif Sering di Bully

Pembobol data pribadi Denny Siregar adalah pegawai outsourcing GraPARI Rungkut, Surabaya

Denny Siregar (Instagram)

SURABAYA, JITUNEWS.COM- Kasubdit I Dittipidsiber Bareskrim Polri Kombes Reinhard Hutagaol mengatakan bahwa pihaknya telah meringkus tersangka pembobol data pribadi pegiat media sosial Denny Siregar. Pelaku merupakan karyawan outsourcing GraPARI Rungkut, Surabaya berinisial FPH.

Reinhard mengatakan bahwa FPH tidak memiliki akses terhadap data nasabah. Namun ia telah mengambil data pribadi nasabah secara ilegal. Data pribadi Denny Siregar diberikan FPH ke akun twitter @Opposite6891 yang kemudian disebar luaskan di media sosial.

"Tanpa ada otorisasi jadi melakukan pembukaan file atas nama dan dari file yang dibuka itu dia mendapat dua data," kata Reinhard dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (10/7/2020).



Alami Kebocoran Data, Denny Siregar Ultimatum Telkomsel: Kalau Tidak Ada Penjelasan, Saya Akan...

Penyidik meyakini bahwa pengambilan data dilakukan dengan mengambil tangkapan layar yang kemudian diketik ulang. Pasalnya data di sistem operator tidak bisa di copy paste.

"Jadi ini bukan hasil capture yang asli tapi diketik oleh pemeilik Twitter dan disebarkan. Nah itulah yang menjadi evidence buat kami," ujarnya.

Reinhard menjelaskan motif FPH melakukan pembobolan data pribadi. Berdasarkan keterangan yang diperoleh, pelaku mengaku sering dibully oleh pengikut Denny Siregar di media sosial. Atas aksinya tersebut, FPH terancam pidana maksimal 10 tahun penjara dan/atau denda paling banyak Rp 10 miliar.

Pengacara Denny Siregar: Bila Laporan Ini Tidak Dapat Dibuktikan Kami Akan Membuat Laporan Balik
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita