Jitunews.Com
11 Juli 2020 04:30 WIB

Kembali ke Lapas Gunung Sindur, Kuasa Hukum Habib Bahar Minta Asimilasi Diberikan

Bahar bin Smith kembali ke lapas Gunung Sindur dengan kondisi sehat pada Kamis (9/7/2020)

Bahar bin Smith (Tempo.co)

JAKARTA, JITUNEWS.COM-  Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Rika Aprianti mengatakan bahwa Bahar bin Smith telah kembali ke Lapas Gunung Sindur pada Kamis (9/7/2020) dalam keadaan yang sehat.

"Pemindahan berdasarkan hasil assessment PK Bapas, bahwa yang bersangkutan dapat melanjutkan pembinaan di Lapas Gunung Sindur," kata Rika seperti dilansir CNNIndonesia.com, Jumat (10/7/2020).

Menanggapi hal tersebut,  kuasa hukum Bahar bin Smith, Azis Yanuar mengaku merasa bersyukur. Pasalnya ia dan keluarga bisa lebih dekat untuk mengunjunginya.



Kritik Pemindahan Habib Bahar ke Nusakambangan, PKS: Bentuk Arogansi Kekuasaan

"Kita bersyukur Alhamdulilah karena dengan ini pihak keluarga lebih mudah, dekat, dalam mengunjungi Habib Bahar," ujar Azis.

Meski demikian, pemindahan Bahar bin Smith ke Lapas Gunung Sindur bukanlah tujuan akhir. Azis Yanuar berharap program asimilasi yang pernah diperoleh kliennya, bisa diberikan kembalii.

"Tujuan kami adalah mengembalikan asimilasinya Habib Bahar sebagaimana seharusnya beliau harus bebas," ujarnya.

Sebelumnya, Bahar bin Smith mendapatkan program asimilasi pada 16 Mei 2020 dari Lapas Pondok Rajeg Bogor. Ia kembali ke kediamannya di Bogor. Namun di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), ia menyampaikan ceramah dengan mengumpulkan massa. Dinilai melanggar program asimilasi, ia kembali di jebloskan ke penjara. Ia ditahan di Lapas Gunung Sindur. Namun karena alasan keamanan, ia dipindahkan di Lapas Nusa Kambangan pada 19 Mei 2020.

Ungkap Kondisinya di Nusakambangan, Habib Bahar: Mereka Melayani Saya dengan Baik
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita