Jitunews.Com
7 Juli 2020 10:12 WIB

Catat! Jangan Abaikan Empat Aturan Ini Bagi Pegowes Pemula

tips bersepeda bagi pemula

Sumber : JejeBlog ()

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pandemi corona telah merubah gaya hidup seseorang, termasuk dalam berolahraga. Banyak orang yang memilih bersepeda untuk berolahraga maupun mengisi waktu. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi pegowes pemula. Berikut tips dari seoarang health enthusiast, Falla Adinda yang perlu diperhatikan.

1. Pilih jenis sepeda sesuai tujuan

Falla mengingatkan kepada pegowes pemula untuk mengetahui tujuan bersepeda sebelum memutuskan membeli sepeda.



Catat, Buah Berikut Cocok untuk Program Diet Sehat

"Paling pertama adalah kalian ketahui dulu diri kalian ini hobinya apa dan tujuan bersepedanya apa. Biasanya ada orang yang cenderung inginnya itu melihat kota misalnya, mereka piknik gitu, itu bisa memilih sepeda lipat, biasanya mereka cenderung suka senang-senang rekreasional gitu," kata dr Falla saat ditemui di Kawasan Bintaro seperti dilansir detikcom, Kamis (25/6/2020).

2. Tidak ada patokan pasti jarak tempuh.

Saat bersepeda tidak ada patokan pasti berapa jauh jarak yang ditempuh. dr Fella menyarankan untuk bersepeda sesuai dengan kemampuan masing-masing.

"Untuk pemula saya selalu menyarankan jarak yang sekuatnya dan juga senyamannya jadi tidak ada patokan jarak dan patokan kecepatan yang paling ideal untuk seseorang, karena yang namanya endurance, stamina itu terbangun dan juga setiap orang berbeda," ujarnya.

3. Pemanasan sebelum bersepeda.

Sama halnya dengan olahraga pada umumnya, bersepeda juga membutuhkan pemanasan. Pasalnya saat bersepeda kita menggerakan otot paha, otot kaki, dan otot punggung. dr Fella mencontohkan untuk stretching ringan sebelum bersepeda.

"Pemanasan dalam sepeda itu perlu, kenapa? Karena bersepeda itu walaupun dia rekreasional tapi dia masuk juga dalam kegiatan olahraga, melibatkan otot-otot di tubuh, pertama otot paha, otot kaki, otot punggung, otot bahu, otot tangan," paparnya.

4. Waktu terbaik untuk bersepeda.

Tidak ada aturan baku untuk bersepeda dalam waktu tertentu. Kita bisa bersepeda sesuai dengan kenyamanan masing-masing. Ada yang nyaman pagi hari maupun malam hari.

Amankah Berenang saat Wabah Virus Corona?
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita