Jitunews.Com
3 Juli 2020 19:03 WIB

PBNU Usul RUU HIP Diganti RUU BPIP, Begini Tanggapan MPR

Bamsoet setuju RUU HIP dicabut secara keseluruhan

(tempo.co)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siraj meminta Rancangan Undang-Undangan Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) dicabut dan dirombak substansinya secara total. Ia menilai RUU HIP telah mengalami gelombang penolakan di tengah masyarakat. Ia juga mengusulkan agar diganti menjadi RUU tentang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Menanggapi usulan PBNU tersebut, Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet setuju RUU HIP dicabut dan dirombak substansinya secara total. Pasalnya RUU HIP sangat berpotensi memperpecah belah kesatuan bangsa.

"Yang pasti kita sepakat bahwa RUU HIP ini karena kontraproduktif maka harus ditarik dan dihentikan pembahasannya," kata Bamsoet di Kantor PBNU, Jakarta, Jumat (3/7/2020).



Demokrat: UU HIP Dapat Dicabut dari Daftar RUU di Prolegnas

"Termasuk judul dan isinya, itu sangat tergantung dan kita serahkan kepada keputusan pemerintah," lanjutnya.

Terkait usulan PBNU mengubah RUU HIP menjadi RUU BPIP,  Bamsoet mengaku akan menyerahkan sepenuhnya ke pemerintah. "Apakah pemerintah menggunakan haknya untuk menjadikan hak inisiatif pemerintah agar diganti jadi RUU BPIP, kita serahkan sepenuhnya kepada pemerintah," pungkasnya.

 

Minta RUU HIP Dicabut, PBNU: Diubah Saja Jadi RUU BPIP
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita