Jitunews.Com
3 Juli 2020 13:44 WIB

AS Ikut Campur soal Hong Kong, China Siapkan Aksi Balasan

China meminta AS berhenti untuk melakukan interfensi soal masalah Hong Kong

(berita internasional)

BEIJING, JITUNEWS.COM - China berjanji akan melakukan aksi balasan jika Amerika Serikat terus menekan mereka dengan menjatuhkan sejumlah sanksi ekonomi, termasuk memberikan hukuman bagi sejumlah bank yang kedapatan melakukan bisnis dengan pemerintah China terkait implementasi kebijakan keamanan nasional baru di Hong Kong.

Peringatan tersebut muncul usai salah seorang anggota Senat AS menyetujui Undang-undang Otonomi Hong Kong dan mengirimkannya kepada Gedung Putih untuk segera ditanda-tangani oleh Presiden AS Donald Trump.

"Langkah AS ini telah menginterfensi urusan dalam negeri China dan telah melanggar Undang-undang internasional, sekaligus melanggar norma dasar hubungan luar negeri," ujar Kongres China Komisi Masalah Luar Negeri, dikutip dari Al Jazeera pada Jumat (3/7).



Pentagon Khawatir China Militerisasi Laut China Selatan

"Jika pihak AS cenderung memilih jalan yang keliru, China akan meresponnya dengan mengeluarkan semua kebijakan 'balasan'," imbuhnya.

Beijing diketahui telah menghadapi berbagai kecaman dan kritikan terkait keputusan mereka untuk menerbitkan Undang-undang Keamanan Nasional baru untuk diberlakukan di Hong Kong. Sejumlah pihak internasional menyebut undang-undang tersebut melanggar prisip 'satu negara, dua sistem' yang dikeluarkan pada tahun 1984 silam hasil kesepakatan China-Inggris yang menjamin status otonomi Hong Kong.

Mutasi Virus Covid-19, Dr Fauci Sebut Virus Jadi Lebih Mudah Menyebar
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita