Jitunews.Com
2 Juli 2020 17:30 WIB

Dituding Sebarkan Paham Komunis, Hasto Kristiyanto Diadukan ke Polisi

Seorang warga mengadukan kader PDIP Hasto Kristiyanto karena dugaan mengubah Pancasila melalui RUU HIP

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto (Jitunews/Khairul Anwar)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Seorang warga bernama Rijal Kobar bersama tim pengacara TAKTIS (Tim Advokasi Anti Komunis) mengadukan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristianto dan anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka ke polisi. Keduanya diadukan karena diduga ingin mengubah Pancasila melalui Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) pada Rabu (1/7/2020).

Awalnya, Rijal hendak membuat laporan pengaduan namun hanya diterima sebagai pengaduan msyarakat (dumas) oleh pihak kepolisian. "Kami tiak diperkenankan buat LP terkait ini karena alasan mereka pokoknya harus dumas," kata pengacara Rijal, Aziz Yanuar dalam keterangannya, Kamis (2/7/2020).

"Kemudian mereka tetap bersikeras hanya mau menerima bentuk dumas atas perkara penting yang mengancam keutuhan bangsa dan negara ini," imbuhnya.



Anggap BPIP Tak Penting, Fadli Zon: Harusnya Dibubarin Saja

Dilansir dari CNNIndonesia.com, laporan ke polisi berbeda dengan aduan masyarakat. Laporan adalah pemberitahuan yang disampaikan oleh seorang karena hak atau kewajiban berdasarkan undang-undang kepada pihak yang berwajib terkait telah atau sedang atau diduga akan terjadinya peristiwa pidana.

Sedangkan, pengaduan masyarakat adalah pemberitahuan disertai permintaan oleh pihak yang berkepentingan kepada pihak berwajib untuk menindak menurut hukum seorang yang telah melalukan pidana aduan yang merugikannya.

"Dimana terlapor adalah Rieke Diah Pitaloka yang memimpin rapat RUU HIP dan Hasto selaku sekjen PDIP, para terlapor telah menginisiasi dan memimpin serta mengorganisir usaha untuk mengubah Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi," ujar Aziz.

"Para terlapor juga diduga menyusupkan, menyebarkan jargon dan paham serta ideologi komunis dalam usaha mengubah Pancasila tersebut," pungkasnya.

Dukung Penuh Jokowi dalam Penanganan Covid-19, PDIP: Kami Siap Pasang Badan
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita