Jitunews.Com
24 Juni 2020 15:00 WIB

Kementan Musnahkan Jamur Enoki di Indonesia, Ada Apa?

Jamur Enoki banyak digemari menyusul tren gaya makan ala suki steamboat

jamur enoki (ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Jamur enoki adalah satu jenis jamur yang saat ini banyak dicari oleh generasi muda. Hal tersebut, menyusul tren gaya makan ala suki steamboat yang berasal dari Korea Selatan.

Namun, baru-baru ini Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan telah memusnahkan jamur enoki. Jamur enoki terbukti berbahaya karena mengandung listeria.

"Di sisi lain, kemarin dua hari yang lalu kita telah memusnahkan jamur enoki, karena beberapa negara di Australia, Amerika dan beberapa negara lain, telah menginfokan bahwa jamur enoki mengandung listeria," kata Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan kemanan Pangan, Ir. Yasid Taufik MM dalam seminar webinar, Rabu (24/6/2020).



Camilan yang Cocok untuk Penderita Maag Agar Tak Kambuh

Yasid menjelaskan bahwa listeria adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang mengakibatkan keracunan. Ia mengatakan bahwa listeria tidak terlalu berbahaya bagi orang sehat, namun sangat berbahaya bagi orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

"Kita telah melakukan pengawasan dan pengujian dan ternyata betul enoki tersebut mengandung listeria, sehingga kita musnahkan 2 hari lalu itu," ujarnya.

Meskipun di Indonesia tidak ada korban karena keracunan jamur enoki. Namun pemusnahan jamur enoki tersebut sebagai usaha antisipasi agar tidak ada korban sebagaimana yang terjadi di beberapa negara.

Produksi Pangan Disebut Aman Sepanjang 2020, Firman Soebagyo: Kementan Jangan Asal Klaim
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita