Jitunews.Com
23 Juni 2020 12:35 WIB

Gemar Bersepeda, Waspadai Beberapa Efek Sampingnya!

Selain menyehatkan, ternyata bersepeda juga dapat menimbulkan efek samping.

Ilustrasi (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bersepeda tampaknya merupakan olahraga yang paling diminati oleh masyarakat saat ini. Terlebih dalam situasi pandemi Covid-19, sebagian besar orang semakin giat melakukan olahraga demi menjaga kebugaran dan meningkatkan ketahanan tubuh.

Diketahui, sepeda pertama kali diperkenalkan di Eropa sekitar akhir abad ke 19, setelah itu mulai menyebar hingga ke Amerika Serikat dan kini hampir ke seluruh dunia.

Olahraga ini bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya meningkatkan perlindungan dari berbagai penyakit seperti diabetes karena membantu menurunkan berat badan serta menghindari tekanan darah tinggi.



DKI Jakarta Tak Jadi Pemenang Lomba New Normal, Mendagri: Sudah Aktif Sosialisasi, Tapi...

Selain itu, bersepeda bisa membantu mengurangi kadar stres, hal ini karena umumnya orang melakukan sepeda sambil santai dan menghirup udara segar.

Namun, bersepeda ternyata juga dapat memberikan efek samping. Dilansir dari detikhealth, berikut ini daftarnya.

1. Bersepeda bisa mempengaruhi kualitas dari sperma laki-laki. Berdasarkan sebuah penelitian, bersepeda lebih dari 5 jam dalam satu minggu bisa membuat 31-40 persen laki-laki memiliki jumlah sperma di bawah normal.

2. Gerakan berulang yang dilakukan saat bersepeda bisa menyebabkan masalah pada lutut. Hal ini terjadi jika ada peningkatan dalam intensitas, jarak yang terlalu cepat penggunaan sadel yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.

3. Jika suka menggunakan sepeda gunung maka cenderung berisiko mengalami masalah atau cedera tulang punggung, karena penggunaan sepeda gunung umumnya dilakukan dengan kecepatan tinggi dan jalur yang ekstrim.

4. Ada kemungkinan mengalami kesemutan penis akibat adanya iritasi pada batang penis karena menggunakan sadel yang terlalu lama dan disertai dengan suhu panas di sekitar penis saat mengayuh sepeda.

Review Sepeda Pacific Noris, Brand Lokal Indonesia Kualitas Bersaing dengan Brompton!
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita