Jitunews.Com
18 Juni 2020 09:05 WIB

WHO Tidak Anjurkan Olahraga Pakai Masker, Begini Penjelasannya

WHO mengingatkan untuk tetap jaga jarak saat olahraga

()

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pemerintah telah menganjurkan kepada masyarakat untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, termasuk saat berolahraga. Hal tersebut sebagai upaya untuk mencegah penularan virus corona.

Namun, baru-baru ini organisasi kesehatan dunia (WHO) memberi saran agar tidak menggunakan masker saat berolahraga. Menurut WHO, pada saat seseorang berolahraga maka akan mengeluarkan keringat yang membuat masker basah. Hal tersebut justru berpotensi untuk berkembang biaknya mikroorganisme. Meski demikian, WHO menganjurkan untuk tetap jaga jarak selama berolahraga.

"Orang-orang sebaiknya tidak pakai masker saat olahraga karena bisa mengurangi kemampuan dan kenyamanan bernapas. Keringat juga bisa membuat masker cepat basah sehingga bernapas jadi sulit dan mikroorganisme mudah berkembang," tulis akun resmi Instagram WHO yang Jitunews lihat pada Kamis (18/6/2020).



Tak Hanya Masyarakat, Bos PLN Ternyata Juga Alami Lonjakan Tagihan Listrik

Menanggapi hal tersebut, Ahli kedokteran olahraga dr Michael Triangto, SpKO, dari Slim + Health Sports Therapi mengatakan bahwa hal tersebut tergantung dari tujuan olahraganya. Apabila yang dilakukan olahraga dengan intensitas yang ringan maka tetap menggunakan masker. Berbeda dengan atlet yang memiliki intensitas berat maka tidak dianjurkan menggunakan masker saat olahraga.

"Kalau saya bicara untuk orang yang berolahraga untuk sehat, tentunya harus berolahraga intensitas ringan sampai sedang. Artinya tidak sampai berkeringat, tidak sampai masker itu basah karena saya bernafas lewat mulut," ujar dr Michael seperti dilansir detikcom, Rabu (16/7/2020).

 

Ingatkan Pedagang Pasar Terapkan Ganjil Genap, Anies: Sekarang atau Tidak Buka Sama Sekali!
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita