Jitunews.Com
28 Mei 2020 15:47 WIB

Cara Budidaya Medinilla Magnifica di Dataran Rendah

Tanaman ini biasanya hanya bisa tumbuh di ketinggian 900 hingga 2,300 meter di atas permukaan laut.

Bunga Medinilla Magnifica (Instragam)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Medinilla Magnifica adalah tanaman yang tumbuh liar di pegunungan. Tanaman ini biasanya hanya bisa tumbuh di ketinggian 900 hingga 2,300 meter di atas permukaan laut.

Medinilla Magnifica memiliki pohon yang berbentuk perdu dengan tinggi berkisar 2 meter. Bunganya beraroma harum dan tersusun dalam rangkaian berbentuk tandan sepanjang 35 cm.

Di balik bunganya yang cantik, ternyata tanaman ini memiliki mitos yang telah dipercayai sebagian masyarakat di Indonesia. Konon apabila dimakan ibu hamil maka anaknya yang lahir akan menjadi ganteng jika laki-laki dan jika yang lahir perempuan akan menjadi cantik rupawan.



Tips Ternak Lele di Kolam Terpal

Medinilla Magnifica diperbanyak menggunakan biji dan stek batang. Anda yang berkeinginan membudidayakan Medinilla Magnifica, bibit tanaman pegunungan ini banyak tersedia dijual di toko online.

Medinilla membutuhkan lingkungan yang hangat dan lembab untuk bertahan hidup. Jika Anda tinggal di daerah dataran rendah, maka harus memasang jaring paranet untuk menaungi tanaman pegunungan ini.

Media yang digunakan untuk menanam Medinilla Magnifica adalah campuran sekam, tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1.

Penyiraman dilakukan rutin dua kali sehari, pagi dan sore. Penyiraman dapat dilakukan secara manual maupun menggunakan sistem irigasi tetes.

Pemupukan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman. Pemupukan dilakukan sebulan sekali dengan menggunakan pupuk organik agar tanaman tumbuh dengan subur.

Lakukan pemangkasan untuk mengurangi serangan hama dan memudahkan dalam proses pemeliharaan tanaman.

Penangulangan hama dan penyakit. Memberikan insektisida secara teratur kepada tanaman Medinilla Magnifica sesuai dengan dosis yang dibutuhkan tanaman.

Mudah bukan menanam bunga Medinilla Magnifica di dataran rendah, selamat mencoba sahabat jitu.

Tips Menanam Pepaya California
Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita