Jitunews.Com
27 Mei 2020 13:15 WIB

Keuntungan Sektor Industri China Turun Terdampak Covid-19

Keuntungan sektor industri China turun 27.4 persen jika dibanding dengan periode yang sama pada tahun 2019 lalu

Pabrik mobil di China (istimewa)

BEIJING, JITUNEWS.COM - Pendapatan dan keuntungan perusahaan industri besar di China kian memburuk pada empat bulan pertama tahun 2020, berada di bawah tekanan krisis ekonomi akibat wabah Covid-19, meskipun penurunan tersebut menunjukkan tanda-tanda perlambatan.

Sektor industri Tiongkok mengalami penurunan sekitar 27.4 persen jika dibanding dengan periode yang sama pada tahun 2019 lalu. Badan Pusat Statistik Nasional China (NBS) menyebut empat bulan pertama tahun 2020 ini, keuntungan sektor industri hanya mencapai Yuan 1.26 Triliun atau sekitar USD 177 Triliun.

Angka tersebut tentunya masih lebih baik daripada apa yang terjadi pada kuartal pertama tahun 2020 ini dimana penurunan keuntungan mereka turun hampir 36.7 persen.



Trump Isyaratkan Bakal Hentikan Kesepakatan Fase I dengan China, Perang Dagang Lagi?

Sementara itu, sektor pangan, komunikasi, komputer dan manufaktur peralatan elektronik lainnya masih mencatatkan keuntungan selama empat bulan pertama, termasuk industri tambang bijih besi dan produksi kertas.

Zhu Hong, pakar statistik NBS, menyebut permintaan pasar pada sektor industri yang mencakup otomotif, peralatan khusus, mesin elektrik dan elektronik mengalami peningkatan yang signifikan pada bulan April.

"Namun, secara kumulatif, keuntungan sektor industri masih mengalami penurunan secara signifikan dan situasi keuntungan juga belum meyakinkan mengingat permintaan pasar belum sepenuhnya pulih, harga produk industri kian menurun dan biaya produksi masih tinggi," ujarnya dikutip dari laman scmp pada Rabu (27/5).

AS Tuding Rusia Kerahkan Pesawat Tempur Dukung Kelompok Tentara Bayaran di Libya
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita