Jitunews.Com
28 Mei 2020 14:45 WIB
Dibaca 440 x

Strategi Jitu Karyawan Minta Naik Gaji

Untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi, sebagai karyawan anda harus berkembang terlebih dahulu

Gaji karyawan ()

Bagi karyawan, gaji merupakan elemen yang sangat penting. Tentu karena gaji merupakan penopang hidup para karyawan, terutaman karyawan yang penghasilannya murni dari gaji, tanpa ada usaha sampingan yang lain. Gaji para karyawan tentu beragam, ada yang sangat kecil ada pula yang sangat besar, tergantung pada jabatan dan besar perusahaan. Perusahaan yang kecil tentu tidak mampu membayar karyawannya sebesar perusahaan besar meski pada jabatan yang sama. Ketika Anda merasa perlu untuk meminta gaji lebih, apa yang harus dilakukan ? Apa perlu mengatakan langsung kepada atasan bahwa kita ingin kenaikan gaji ?

Sebelum meminta kenaikan gaji, kita perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang membuat perusahaan menaikkan gaji karyawannya. Pertama adalah inflasi, perusahaan akan menaikkan gaji karyawannya sesuai dengan inflasi agar daya beli dari karyawannya tidak berkurang. Kedua adalah lama bekerja, sangat jelas bahwa karyawan yang telah bekerja lama akan diapresiasi perusahaan dengan kenaikan gaji. Ketiga adalah performance, perusahaan akan menaikkan gaji atau memberi bonus kepada karyawan yang berhasil mencapai target. Keempat adalah tanggung jawab, maksudnya disini adalah tanggung jawab yang diemban oleh karyawan tersebut, ini akan berkaitan dengan jabatan. Karyawan yang jabatannya naik, tanggung jawabnya juga akan bertambah, dan secara otomatis gajinnya juga akan dinaikkan. Dan yang terakhir adalah value, bagaimana nilai pegawai tersebut dimata perusahaan dan apakah kehadiran pegawai tersebut sangat berpengaruh dan sulit digantikan. Dari faktor-faktor diatas, kita akan menyusun strategi untuk mendapatkan kenaikan gaji. Berikut adalah key terms untuk para karyawan yang ingin naik gaji

1.  Tau diri



Menteri Sosial Ikut Komentari Video Merry Riana, Kenapa?

Sebagai karyawan, Anda harus melihat bagaimana performa Anda di kantor. Apakah anda berhasil mencapai target yang ditetapkan ? jika tidak jangan harap kenaikan gaji Anda akan dipertimbangkan. Anda juga harus melihat kapan terakhir gaji Anda dinaikkan. Apabila kenaikan gaji terakhir anda masih beberapa bulan yang lalu, sebaiknya Anda jangan meminta naik gaji dulu.

2. Minta tanggung jawab lebih

Tanggung jawab lebih disini berbeda dengan pekerjaan lebih. Tanggung jawab disini adalah Anda meminta untuk mengerjakan pekerjaan diluar dari tanggung jawab yang biasa Anda kerjakan, bukan mengerjakan perkerjaan yang biasa dilaklukan tetapi dengan volume yang lebih banyak. Setelah mampu mengerjakan tanggung jawab yang lain dengan baik, baru Anda dapat meminta kenaikan gaji sebagai rewards. Masalahnya banyak karyawan yang berfikir sebaliknya, mereka baru mau mengerjakan tanggung jawab lebih jika gaji mereka dinaikkan. Ini mind set yang salah.

3. Jangan khianati proses

Anak millenial sekarang sangat berambisi dalam meraih jabatan, hanya saja mereka inginnya cara yang instan. Punya jabatan bergengsi, gaji yang tinggi, namun tidak mau melewati prosesnya. Proses ini justru yang akan membawa anda ke jabatan dan gaji yang lebih tinggi. Mengemban jabatan yang tinggi memerlukan pengetahuan yang luas, dan pengetahuan itu akan didapatkan dari proses yang panjang. Oleh karena itu, jangan khianati proses.

4. Biarkan performa yang bicara

Dalam meminta naik gaji, jangan biarkan permintaan itu keluar dari mulut anda, biarkan performa kita yang berbicara. Setelah anda meminta tanggung jawab lebih dan anda mampu mengerjakannya dengan baik, perusahaan akan dengan sendirinya mempertimbangkan kenaikan gaji anda, karena perusahaan telah melihat value anda dan ingin mempertahankan anda.

5. Pindah ke perusahaan lain

Anda perlu menimbang untuk pindah ke perusahaan lain bukan karena perusahaan tempat anda bekerja tidak menaikkan gaji anda, tetapi apabila perusahaan tempat anda bekerja tidak memberikan kesempatan anda untuk berkembang. Anda tidak diberi tanggung jawab yang lebih, ide –ide anda tidak didengarkan, dan anda hanya diberi tugas yang itu-itu saja. Itu semua merupakan tanda bagi anda untuk mencari perusahaan lain yang didalamnya anda dapat berkembang

Kesimpulannya, untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi, sebagai karyawan anda harus berkembang terlebih dahulu, serta mampu menunjukkan kalau anda sudah berkembang dengan mampu menyelesaikan tanggung jawab lebih dengan baik. Dengan begitu, kenaikan gaji akan mengikuti anda. Demikian opini saya, semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: Naufal Arif

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Bingung Menentukan Strategi dalam Bisnis UMKM? Coba Cara Ini!
Halaman:

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita