Jitunews.Com
16 Mei 2020 10:34 WIB

Bolehkah Salat Idul Fitri Dilakukan Secara Virtual? Ini Kata MUI

Salat berjemaah harus dilakukan dalam satu lokasi

Salat Idul Fitri (istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam menyampaikan bahwa Salat Idul Fitri bisa dilakukan di rumah baik secara sendiri ataupun berjemaah. Namun, ia menegaskan bahwa tidak bisa dilakukan secara virtual.

"Bahwa kemudian ada lawazim yang di luar syarat rukun itu menggunakan perkembangan teknologi itu dimungkinkan, seperti apa salat jemaah pakai speaker kemudian pakai streaming, streaming seperti jemaah membludak bagian belakang menggunakan live streaming untuk dalam pelaksanaannya jemaah itu absah," kata Asrorun Niam, Kamis (14/5/2020).

Asrorun menjelaskan bahwa streaming untuk salat berjemaah masih bisa dilakukan apabila dalam satu lokasi. Namun apabila di lokasi yang berbeda maka salat jemaahnya tidak sah.



Jelang Lebaran, BJB Siapkan Uang Tunai Rp13,3 Triliun

"Misalnya orang buta dia enggak melihat tetapi ada di lokasi dia sah, kalau orang bisa melihat tapi tidak dalam satu lokasi dia nggak sah, demikian juga orang tuli salat dia enggak dengar bacaan imam sah kalau dia berada di dalam lingkup di mana ada imam ada makmum, tapi kalau dia enggak tuli kita dengar tapi tidak di dalam satu tempat maka itu tidak sah," jelasnya.

"Inilah yang harus dipahami bahwa pelaksanaan salat itu ibadah mahdhoh," tegasnya.

Diimbau Salat Id di Rumah, PA 212: Menag Siap-siap Berhadapan dengan Umat Islam
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait