Jitunews.Com
14 Mei 2020 09:56 WIB

5 Jurus Sukses Bertanam Suplir

Media tanam terbaik untuk suplir adalah dengan kondisi pH 6.

Suplir (Asdiantum pedatum) (ebay.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Suplir (Asdiantum pedatum) adalah salah satu jenis tanaman paku-pakuan yang banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias oleh masyarakat.

Tanaman suplir tidak memberikan keindahan dari bunganya karena memang tanaman ini tidak meliliki bunga. Suplir mengusung keindahannya dari daun yang dimiliki sehingga disebut tanaman hias daun.

Merawat suplir tidak mudah. Tanaman ini termasuk jenis tanaman hias yang rewel. Salah satu penyebab utama kegagalan dalam bertanam suplir adalah pilihan media yang digunakan.



Trik Jitu Menanam Bunga Hias Dalam Pot

1. Media Tanam

Bertanam suplir, hal pertama yang harus diketahui bahwa suplir termasuk tanaman yang perlu keseimbangan dan ketepatan dalam pemenuhan kebutuhannya. Misalnya, dalam media tanam saja, suplir tidak boleh terlalu kering, terlalu basah dan terlalu asam. Akar suplir terdiri dari akar-akar lembut yang tersusun menjadi ratusan akar serabut yang lembut. Media tanam terbaik untuk suplir adalah dengan kondisi pH 6.

Media tanam tanah yang harus Anda sediakan adalah campuran tanah humus dan tanah biasa dengan perbandingan 3 : 1. Ini berbeda dengan tumbuhan pada biasanya.

2. Pencahayaan

Suplir adalah tanaman yang membutuhkan sinar matahari yang cukup, tetapi tidak langsung menyorot pada tumbuhan ini. Anda dapat menempatkan tanaman ini di beranda atau di belakang rumah Anda.

Jika Anda ingin menempatkannya di taman, Anda bisa menempatkan tanaman suplir ini di bawah pohon yang rindang atau yang lebih tinggi darinya. Jangan simpan tanaman suplir ini di dalam rumah karena cenderung tidak mendapatkan pencahayaan dari matahari.

3. Penyiraman

Jangan lakukan penyiraman terlalu berlebihan karena karakter suplir bukan untuk media tanam yang terlalu lembab atau basah. Selain itu, tanah humus yang menjadi media tanam suplir sudah cukup dingin. Jika terlalu dingin dan lembab lagi, itu akan membuat akar suplir menjadi busuk.

4. Pemangkasan

Pemangkasan harus dilakukan jika terdapat daun-daun yang kering dan mati. Selain itu, daun yang mulai terlihat kekuningan dan kehilangan zat hijaunya sebaiknya dibuang sebelum penyakit daun ini merambat dan menyebar ke daun-daun lain yang masih sehat.

Lakukan pemotongan dengan alat seperti gunting stek, jangan dipotong secara langsung dengan tangan karena dapat menyebabkan robek yang dapat merusak daun dan batang.

5. Basmi hama

Pada tumbuhan suplir, hama juga bisa menjadi hal yang dapat merusak keindahannya. Salah satu cara antisipasinya adalah dengan penyemprotan anti hama seperti insektisida untuk serangga dan fungisida untuk jamur. Anda bisa memupuknya dalam sebulan sekali untuk mempertahankan kelebatan daunnya.

5 Tanaman Ruangan Tren 2018 untuk Rumahmu, Tengok Yuk!
Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita