Jitunews.Com
29 April 2020 12:22 WIB

Bunga Pagoda, Mudah Ditanam dan Banyak Manfaat

Tanaman yang berasal dari daratan China ini memiliki banyak manfaat. Adapun manfaat bunga pagoda yaitu akarnya bisa digunakan sebagai anti radang, peluruh kencing, menyembuhkan bengkak dan menghancurkan darah beku.

(istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Bunga Pagoda yang mempunyai nama ilmiah Clerodendrum paniculatum merupakan salah satu tanaman yang sering dijadikan tanaman hias.

Tanaman yang berasal dari daratan China ini memiliki banyak manfaat. Adapun manfaat bunga pagoda yaitu akarnya bisa digunakan sebagai anti radang, peluruh kencing, menyembuhkan bengkak dan menghancurkan darah beku.

Sedangkan daunnya dapat digunakan untuk mengeluarkan nanah dan sebagai obat anti radang dan bunga pagoda sendiri bisa digunakan untuk menghentikan pendarahan.



Cara Praktis Merawat Tanaman Hias, Cocok untuk Kamu yang Sibuk

Untuk menjadikan tanaman yang satu ini sebagai penghias taman, tidaklah sulit. Bunga pagoda cukup disiram dengan air secukupnya, lalu kelembapan tanahnya harus dijaga dan dipupuk menggunakan pupuk organik.

Anda dapat memperbanyak tanaman ini dengan metode stek batang. Perawatan yang tepat, akan membuat tanaman hias Anda memiliki tampilan yang sedap dipandang.

Mau tahu, cara jitu menanam tanaman hias bunga pagoda agar bunganya tumbuh subur dan tidak layu? Berikut ulasannya :

1. Tempatkan tanaman pada pot.
Pada saat menanam, letakkan ijuk pada dasar pot untuk pengikat air dan memberikan rongga udara agar akar bisa bernafas.

2. Pilihlah media tanam yang baik.
Gali dan taruhlah batang tanaman lalu padatkan dengan tanah. Sisakan 2cm antara permukaan tanah dengan bibir pot.

3. Siramlah dengan rutin.                                                                Idealnya pada pagi dan sore hari, baiknya saat melakukan penyiraman. Lakukan dengan semprotan. Semprotlah pada bagian akar, jangan sampai terkena daun dan bunga agar tidak cepat layu.

4. Perhatikan asupan cahaya matahari yang cukup pada tanaman.
Jika tanaman Anda diletakkan di dalam ruangan, jemurlah 3-4 jam dibawah sinar matahari pagi,lalu letakkan kembali kedalam ruangan.

5. Agar tidak layu
Agar tanaman tidak cepat layu, suntikkan dengan cairan pestisida agar tidak terserang oleh hama.

6. Agar tumbuh subur.
Ketika daun terlihat layu dan kering, lakukanlah pemangkasan dengan menggunakan gunting. Pemangkasan diperlukan agar tanaman tumbuh dengan baik dan subur.

Awas!! Jika Kamu Sampai Makan Tanaman Rumahan Ini, Efeknya Bisa....
Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita