Jitunews.Com
19 April 2020 17:00 WIB

Gara-gara Corona, 7 Artis Ini Ngaku Pusing Bayar Gaji Karyawan

Pandemi Covid-19 memberi dampak buruk bagi perekonomian masyarakat

Inul Daratista Instagram (Instagram)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Wabah virus corona atau Covid-19 memberi dampak buruk terhadap perekonomian global, pun dengan Indonesia. Para pelaku industri hiburan Tanah Air juga merasakan hal serupa.

Sejumlah artis diketahui harus memenuhi gaji karyawannya di tengah musim pandemi. Anjuran pemerintah berupa Work From Home (WFH) dan #DiRumahAja membuat tawaran pekerjaan tak sederas biasanya. Tak hanya itu saja, bisnis yang dijalankan oleh para selebriti juga sepi dari pengunjung

Berikut artis Indonesia yang berjibaku memperjuangkan gaji karyawan dan cicilan di tengah situasi wabah corona.



Virus Covid-19 Berhasil 'Menyusup' ke Korea Utara

Luna Maya

Luna Maya diketahui menggeluti bisnis di bidang fesyen dan kuliner di tengah kesibukannya menjalani syuting. Ia mengaku pandemi ini berdampak pada pendapatannya. Alhasil, Luna kewalahan membayar gaji karyawan dan cicilan.

"Aku juga sampai detik ini harus menggaji teman-teman yang bekerja sama aku, orang rumah dan cicilan rumahku, cicilan mobilku, kartu kredit tetap berjalan, tidak ada kebijakan. Dan juga tetap membayar pajak," kata Luna Maya pada tayangan video yang diunggah di kanal YouTube pribadinya.

Mengatasi kondisi ini, Luna menyebut dirinya hanya mengandalkan tabungan. Luna merasa tidak tenang apabila persoalan tersebut tidak kunjung terselesaikan.

"Jadi kurang lebih gitu guys semuanya ada kendalanya juga. Susahnya dan bingungnya di saat seperti ini. Tapi ya walaupun di dalam kondisi keuangan yang kita cukup deg-degan setiap hari," imbuhnya.

Anang Hermansyah

Anang Hermansyah harus rela menutup bisnis karaokenya untuk sementara lantaran adanya kebijakan jaga jarak sosial maupun fisik. Suami dari Ashanty itu bahkan terpaksa merumahkan beberapa karyawan. Namun, ia mengaku tidak lepas tangan begitu saja, yakni dengan memberikan kompensasi.

"Semua (karyawan) kami rumahkan dulu, cuma dengan sedikit kompensasi tentunya. Sama-sama saling memberikan keringanan, dalam artian bahwa keadaan ini keadaan upnormal, semua orang mengalami penurunan dalam kinerja dan seterusnya, dalam bisnis pun mengalami hal yang lumayan berdampak. Kemarin rapatnya, mereka (para karyawan) memberi kompensasi juga, akhirnya sepakat bahwa ya sudah, anak-anak bilang, bayar 2/3 (gaji), 1/3 nggak usah, itu sebagai subsidi supaya kita berjalan lagi bulan depan," ujar Anang.

Nikita Mirzani

Nikita Mirzani memilih menutup sementara bisnisnya lantaran terus mengalami kerugian. Penurunan omset yang merosot tajam membuat mantan istri dari Dipo Latief itu memecat 80 persen karyawannya.

Total karyawan Nikita selama ini ada 130 orang. Kini, dia hanya memiliki 20 orang karyawan yang dianggap Nikita masih layak dipertahankan. Kendati begitu, Niki mengaku sebenarnya tidak berkeinginan untuk melakukan PHK terhadap karyawannya.

Maia Estianty

Maia Estianty rupanya juga mempunyai bisnis di bidang karaoke. Istri Irwan Mussry ini juga merasakan kekhawatiran terhadap usahanya di tengah pandemi virus corona. Terlebih dengan upah karyawan.

"Saya juga sebagai pengusaha pasti sangat sedih karena pengusaha juga memikirkan bagaimana menggaji karyawan," kata Maia Estianty pada unggahan video di akun Instagram pribadinya.

Selain itu, ibu dari tiga anak ini juga memikirkan tunjangan Hari Raya (THR) mengingat Hari Raya Idul Fitri sudah semakin mendekat. Oleh karena itu, Maia meminta kerja sama dan bahu membahu dalam menanggulangi wabah corona.

Raffi Ahmad

Pandemi Covid-19 yang menerpa Indonesia membuat perusahaan Raffi Ahmad yang bernama Rans Corps Entertainment turut terkena getahnya. Raffi bahkan mengaku akan kesulitan dalam membayar gaji karyawan jika situasi tak segera kondusif.

"Yang bikin gue pusing kalau sampai Covid-19 ini panjang, yang bakal ngegaji karyawan gue itu gimana," kata Raffi kepada Luna, seperti dilansir dari akun YouTube Luna Maya.

Selain itu, Raffi tak mau melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada karyawannya karena sebentar lagi sudah memasuki Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

Inul Daratista

Pedangdut kondang, Inul Daratista rupanya juga kena imbas dari virus corona ini. Pebisnis di bidang karaoke itu mengungkapkan jika dirinya kebingungan terkait upah dan THR bagi karyawan.

Inul diketahui memiliki begitu banyak karyawan. Namun, ia mengaku siap hidup sederhana asalkan gaji dan THR karyawan bisa terpenuhi.

"Meskipun mumet, pala anget bukan karena corona, anget ndelok (melihat) persiapan gaji pegawai,THR dan lain-lain," kata Inul lewat akun Instagramnya.

Ivan Gunawan

Kerugian juga dialami oleh artis sekaligus pebisnis Ivan Gunawan akibat pandemi Covid-19. Namun, pria yang karib disapa Igun itu berusaha untuk tetap memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada pegawainya. Sebab, dia sudah menganggap pegawai seperti bagian dari keluarganya sendiri.

"Saya sih akan tetap memberinya THR. Karena bagaimana pun juga mereka seperti keluarga saya. Terbayangkan mereka di hari raya tidak mendapatkan THR ya saya berharap pegawai saya ikut mendoakan saya," kata Ivan Gunawan usai mengisi acara Brownis, dilansir dari detikhot pada Jumat (17/4).

Selain itu, ia mengaku harus tetap bertahan di tengah krisis akibat pandemi ini. Selaku pemilik bisnis, ia menyebut harus memutar otak bagaimana caranya tetap meraih pendapatan.

"Dalam keseharian kita pinter-pinter lah mengeluarkan keperluan kita buat apa prioritas jadi harus berhati hati ya," tuntasnya.

Kawasan Kumuh di Manila Terbakar, 2500 Orang Terpaksa Tinggal di Pengungsian di Tengah Wabah Covid-19
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita