Jitunews.Com
15 April 2020 15:33 WIB

Unik! Negara Ini Gunakan Miras untuk Cuci Tangan di Tengah Pandemi Corona

Hand Sanitizer yang langka membuat pemerintah menganjurkan cuci tangan dengan miras

Puluhan botol minuman keras (miras), disita petugas Polsek Bekasi Selatan, Kota Bekasi, dalam agenda operasi penyakit masyarakat (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pemerintah Jepang memperbolehkan warganya mencuci tangan menggunakan miras (minuman keras). Hal tersebut merupakan imbas dari langkanya hand sanitizer di tengah pandemi corona.

Kemeterian Kesehatan Jepang telah mengeluarkan aturan mencuci tangan menggunakan miras dengan kandungan alkohol antara 70 sampai 83 persen. Aturan tersebut diketahui sebagaimana yang diberitakan AFP, Rabu (15/4/2020).

Jepang memiliki minuman keras tradisional bernama sake dan shochu yang memiliki kadar alkohol rendah masing-masing 22 persen dan 45 persen. Sementara yang dianjurkan untuk mencuci tangan adalah miras yang kandungan alkohonya tinggi. Oleh karena itu beberapa perusahaan sake di Jepang sudah mulai memproduksi miras beralkohol tinggi agar bisa digunakan untuk mencuci tangan.



Bosan di Rumah Terus? Yuk Coba Lakukan Hal Ini Agar Social Distancing Lebih Menyenangkan

Pemerintah Jepang membuat peraturan pembuatan miras untuk disinfektan harus memiliki kandungan alkohol 76,9 dan 81,4 persen. Apabila kandungan alkoholnya tinggi maka perlu dicairkan terlebih dahulu. Pasalnya kandungan alkohol yang tinggi tidak cukup efektif untuk membunuh virus.

Diketahui Jepang telah berhasil memerangi corona. Namun akhir-akhir ini terdapat lonjakan kasus corona di Jepang, terutama di Tokyo. Jepang melaporkan bahwa sampai saat ini orang yang telah terinfeksi corona sebanyak 7.600 dan 109 diantaranya meninggal dunia.

Negara Mana Saja yang Tak Terkena Virus Corona?
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita