Jitunews.Com
6 April 2020 14:25 WIB

Beberkan Alasan Luhut Tertarik kepada Jokowi, Denny Siregar: Model Kepemimpinannya Mirip Gus Dur

Denny menilai Jokowi memiliki model kepemimpinan seperti Gus Dur, bahkan lebih lengkap lagi

Presiden Joko Widodo (istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pengamat politik sekaligus penulis Denny Siregar angkat bicara mengenai kedekatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan salah satu menterinya, Luhut Binsar Pandjaitan (LBP). Denny menceritakan Luhut punya peran penting dalam pencapaian karir politik Mantan Wali Kota Solo tersebut hingga saat ini.

“Melihat gaya kepemimpinan Jokowi, LBP tertarik membawanya ke pentas politik nasional, karena Indonesia sedang krisis kepemimpinan saat itu,” ujar Denny, dilansir dari Tagar, Senin (6/4).

“Dan di sinilah Jokowi sekarang, menjadi Presiden dua periode, sebagian besar berkat jasa LBP juga,” sambungnya.



Jokowi: Dulu Pakai Masker Hanya yang Sakit, Sekarang Semua yang Keluar Rumah Harus Pakai Masker

Denny pun membeberkan alasan ketertarikan Luhut terhadap Jokowi. Ia menilai Opung – sapaan Luhut – tertarik dengan model kepemimpinan Jokowi yang dibilang mirip Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

“Ini mungkin karena dulu Opung dekat dengan Gus Dur. Kepemimpinan Gus Dur membekas dalam hatinya dan ia mencari model pemimpin yang sama. Itu dia temukan dalam diri Jokowi, bahkan lebih lengkap lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Denny menyebut Luhut sebagai "buldozer" Jokowi yang berperan untuk mengamankan dari keganasan politik nasional. “Yang penuh dengan T-Rex dan dinosaurus kejam lainnya, mulai dari militer, konglomerat mafia sampai politikus durjana.”

Denny menyebut serangkaian hal telah disebutkan di atas cukup jadi alasan Jokowi untuk mempercayai Luhut. Selain belajar peta politik, Luhut dikatakan orang yang paling setia ketika Jokowi dihajar dari mana-mana.

“Ibaratnya, seandainya semua elite politik mengkhianati Jokowi, opunglah elite terakhir yang akan berdiri menjadi tamengnya. Seperti yang dilakukannya terhadap Gus Dur,” jelas Denny.

Sindir Imbauan Penggunaan Masker, Analis Politik: Diumumkan Setelah Ribuan Rakyat Terpapar Coronaa
Halaman:
  • Penulis: Iskandar

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita