Jitunews.Com
31 Maret 2015 11:38 WIB

Kutai Timur Unggulkan Rambutan Rafiah

Selain rambutan, Kutai Timur juga sedang mengembangkan Durian Montong

Rambutan (ISTIMEWA)

KUTAI TIMUR, JITUNEWS.COM- Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Kutai Timur, Hormansyah, menjelaskan, saat ini pihaknya sedang mengembangkan buah rambutan jenis "Rafiah". Bahkan, rencananya buah lokal tersebut akan menjadi unggulan kabupaten Kutai Timur-Kalimantan. Kenapa ?

Meski rambutan jenis tersebut berasal dari Bogor-Jawa Barat, namun karena memiliki rasa manis, daging yang tebal, serta bijinya yang terbilang kecil, tak heran jika Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Kutai Timur akan gencar mengembangkan buah dengan kulit berambut tersebut. 

Bahkan rambutan "Rafiah" digadang akan menjadi buah lokal unggulan Kutai Timur yang diandalkan. Hormansyah menambahkan, cita rasa rambutan itu tidak ada lawannya. Sebab, kalau sekali mencoba akan membuat lidah ketagihan.



Mendag: Tidak Ada Alasan Harga Pangan Naik!

Selain rambutan jenis tersebut, ada beberapa jenis buah lain yang juga tengah dikembangkan di Kutai Timur. Seperti durian montong yang nanti juga akan menjadi unggulan Kutai Timur, disamping Aren Genja.

Menariknya, rambutan "Rafiah" ini sudah disajikan dalam beberapa kegiatan di Sangatta, Kutai Timur, serta ajang pelaksanaan expo 2015 pekan lalu. Selain itu, setelah dikenalkan kepada masyarakat, ternyata rambutan "Rafiah" disambut positif. (ant) 

Tiga Pilar Utama Pemerintah Sukseskan Upaya Perang Melawan IUU Fishing
Halaman:
  • Penulis: Christophorus Aji Saputro

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita