Jitunews.Com
1 April 2020 17:00 WIB

PBB Peringatkan Pandemi Covid-19 Bisa Picu Konflik Global, Lebih Parah dari PD II

"Kombinasi dari dua fakta dan risiko yang ditimbulkannya meningkatkan ketidakstabilan, kerusuhan, dan konflik. Itu semua adalah hal-hal yang membuat kami percaya bahwa ini adalah krisis paling menantang sejak Perang Dunia II," kata Antonio

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres (REQnews)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Selasa (31/3) memperingatkan wabah virus Corona Covid-19 berpotensi memicu konflik di seluruh dunia.

Guterres mengatakan peringatan ini didasari dari skala krisis yang menjadi dampak penyakit tersebut bisa mengakibatkan resesi ekonomi secara global, terbesar dalam sejarah.

"Kombinasi dari dua fakta dan risiko yang ditimbulkannya meningkatkan ketidakstabilan, kerusuhan, dan konflik. Itu semua adalah hal-hal yang membuat kami percaya bahwa ini adalah krisis paling menantang sejak Perang Dunia II," katanya seperti dikutip dari AFP melalui CNNIndonesia pada Rabu (1/4).



Wabah Covid-19 Luar Biasa, Sri Mulyani Tegaskan Kebijakan Extraordinary Perlu Dikeluarkan

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ia menekankan bahwa diperlukan respons kuat yang efektif serta rasa solidaritas dalam memerangi dan mengatasi wabah virus corona.

"Dalam solidaritas jika semua orang berkumpul dan jika kita melupakan permainan politik dan memahami bahwa umat manusialah yang dipertaruhkan," tambah Guterres.

Diketahui, Wabah virus corona telah menyebar ke seluruh penjuru dunia dan memberikan dampak negatif pada 180 negara. Pandemi COvid-19 bahkan mulai mengakibatkan kehancuran ekonomi.

"Kita perlu memiliki instrumen keuangan yang inovatif supaya negara berkembang dapat melewati krisis tersebut dengan baik," katanya.

"Kami jauh dari memiliki paket global untuk membantu negara berkembang menciptakan kondisi baik untuk menekan penyakit dan untuk mengatasi konsekuensi dramatis," ungkap Guterres.

Erick Thohir Minta Proyek-proyek BUMN Tetap Jalan di Tengah Wabah, Untuk Apa?
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita