Jitunews.Com
27 Maret 2020 10:00 WIB

Pasien Sembuh Virus Corona: Kalau Kita Sakit yang Penting Jangan Stres

"Hindari kontak dengan orang lain. Hindari berkumpul supaya kita bisa mencegah. Kalau kita sudah sakit, kita [isolasi] sendiri di rumah, minum vitamin, istirahat, makan yang bergizi, pakai masker," kata salah satu pasien sembuh dari virus Corona

Ilustrasi (Ist)

SURABAYA, JITUNEWS.COM - Salah satu dari tujuh pasien yang berhasil sembuh dari virus Corona Covid-19 di Surabaya, M Budi Hidayat, membagikan kiat dan cara dirinya berhasil melewati masa kritisnya.

Dilansir dari CNN Indonesia pada Jumat (27/3), Ia menceritakan awal mula terkena virus Corona.

"Sepulang kerja, pada Jumat (13/3). Saya merasa ada yang gak beres dengan tubuh saya. Gereges (meriang) sepulang dari bandara," cerita Budi, Kamis (26/3).



Kabar Gembira, Jateng Kini Punya Laboratorium Khusus Covid-19

Budi, yang sadar bahwa tempat ia bekerja merupakan tempat beresiko tinggi terpapar covid-19, langsung menghubungi Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) untuk berkonsultasi dan langsung membatasi diri dari orang lain (isolasi) sambil menunggu pemeriksaan lanjutan.

"Dua hari masa isolasi, tubuh saya merasa semakin tidak baik," kenang Budi.

Dua hari kemudian, ia dinyatakan positif terjangkit virus covid-19. Pihak RS langsung menempatkannya di ruang isolasi.

"Ya udah saya masuk RS, ini supaya saya bisa istirahat juga kan," kata Budi.

Selain itu, tim medis juga langsung memeriksa seluruh anggota keluarga yang sempat melakukan kontak dengannya. Budi akhirnya sedikit lega saat mengetahui tidak ada anggota keluarganya yang tertular virus tersebut.

"Alhamdulillah," kata dia.

Budi menjelaskan, protokol yang telah diserukan oleh pemerintah terbukti efektif dalam mencegah dan menekan angka penyebaran kasus. Ia juga meminta masyarakat tidak perlu panik, dan semaksimal mungkin menjaga perilaku hidup sehat termasuk mengelola tingkat stres.

"Hindari kontak dengan orang lain. Hindari berkumpul supaya kita bisa mencegah. Kalau kita sudah sakit, kita [isolasi] sendiri di rumah, minum vitamin, istirahat, makan yang bergizi, pakai masker. Kalau kita sakit yang penting jangan stres," ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Satgas Corona RSUA, dr Alfian Nur Rasyid menyatakan pasien yang dinyatakan sembuh dan dipebolehkan untuk kembali ke rumah, telah menjalani pemeriksaan swab sebanyak tiga kali, dimana ketiga hasil tes menunjukkan hasil negatif.

"Nanti dievaluasi apakah perlu cek atau swab apa tidak. Kalau sembuh ndak ada gejala nggak usah swab tidak apa-apa. Nanti kontrol ke poli klinis saja," kata dia.

Kota Tegal Akan Lockdown 4 Bulan, Begini Tanggapan Ganjar Pranowo
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita