Jitunews.Com
28 Februari 2020 19:00 WIB

Anak Sudah Saatnya Sapih? Perhatikan 4 Kondisi Ini Sebelum Anda Memulainya

Kondisi yang dilarang untuh menyapih anak salah satunya yaitu saat stres

Ilustrasi. (Shutterstock)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Masa menyusui adalah masa yang paling indah dan penuh pengorbanan bagi seorang ibu. Ibu akan memberikan nutrisi yang terbaiknya berupa ASI kepada buah hatinya. Seorang ibu akan memberikan ASI pada umumnya sampai anak berusia 2 tahun. Namun tidak ada patokan atau jadwal pasti seorang ibu akan berhenti memberikan ASI atau menyapihnya.

Dilansir dari Pregnancy, Birth and Baby, menyapih anak memiliki waktu yang berbeda-beda dilihat dari situasi dan kondisi ibu dan anaknya. Ada 4 kondisi yang tidak diperbolehkan seorang ibu menyapih anaknya.

1. Anak sedang sakit



Marak Pencurian Organ Anak, Hotman Paris: Hati-hati Semua Orangtua

Ketika anak sedang sakit ia akan lebih rewel dari biasanya. Anak hanya ingin digendong oleh ibunya saja. Selain itu anak yang sedang sakit inginnya menyusu terus. Oleh karena itu, ibu bisa menundanya untuk menyapih. Diketahui memberi ASI pada anak sakit justru membuatnya semakin cepat dalam proses pemulihannya. Pasalnya ASI mengandung kolestrum yang memiliki antibodi yang di butuhkan oleh anak.

2. Ibu sedang sakit

Menyapih adalah proses yang membutuhkan energi ekstra. Pasalnya saat menyapih akan banyak drama yang dilakukan si anak. Proses menyapih juga melibatkan banyak emosi karena saat disapih akan putus ikatan intim ibu dan anak yang biasanya segala sesuatu akan tenang apabila disusui. Oleh karenanya saat ibu sakit lebih baik ditunda terlebih dahulu.

3. Saat ibu dalam keadaan stres.

Menjalani kehidupan rumah tangga tentunya banyak hal yang harus dipikirkan. Saat ibu sedang stress dengan masalah yang sedang dihadapinya, sebaiknya proses menyapih ditunda terlebih dahulu. Pasalnya saat menyapih diperlukan kondisi yang nyaman dan santai baik anak maupun ibunya.

4. Anak dibawah usia 2 tahun.

Anak dibawah dua tahun masih memerlukan ASI sebagai asupan nutrisinya, meskipun sebagian besar nutrisinya sudah bisa diserap dari berbagai jenis makanan yang dikonsumsinya. Selain itu menyapih adalah proses yang melibatkan perasaan. Oleh karenanya ibu harus bisa memastikan anak tetap nyaman dengan cara menyusuinya.

Jadi jangan memaksa anak untu disapih. Sapihlah dengan metode WWL (Weaning With Love) atau menyapih dengan penuh cinta.

Benarkah Anak Kedua Sosok Pemberontak?
Halaman:
  • Penulis: Trisna Susilowati

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita