Jitunews.Com
17 Februari 2020 15:40 WIB

Mendaki Gunung Saat Musim Hujan Itu Seru, Asal...

Tips mendaki gunung saat musim hujan

(www.denubay.com)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan ekstrem yang menarik dilakukan. Namun, diperlukan usaha ekstra saat melakukannya pada musim hujan. Berikut beberapa tips untuk mendaki gunung di musim penghujan agar tetap seru.

1. Memilih Jalur Pendakian

Mendaki gunung di musim penghujan tentunya memiliki tingkat kesulitan yang lebih daripada saat musim kemarau. Lantai hutan tentunya sering basah oleh air hujan dan cenderung lebih licin daripada biasanya. Pilih gunung dan jalur pendakian yang relatif mudah untuk menghindari resiko tergelincir yang berujung mengakibatkan cedera.



Sepi Turis, Pemerintah Beri Subsidi Bagi Pelaku Usaha Pariwisata, Diskon Tiket Pesawat?

2. Lakukan Pendakian saat Siang Hari

Hindari melakukan pendakian pada waktu malam hari untuk alasan keamanan dan kenyamanan. Waktu terbaik melakukan pendakian adalah pagi hari, dimana tubuh masih sangat bugar dan udara juga sangat segar. Kalian tentunya bisa sepuasnya menikmati pemandangan alam di sepanjang jalur pendakian, jika terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan, setidaknya kalian dapat mengantisipasinya lebih mudah daripada saat malam hari lantaran visibilitas pada siang hari jauh lebih baik.

3. Bawa Jas Hujan atau Jaket Anti Air

Perangkat ini jangan sampai terlupa. Pakaian yang basah dapat meningkatkan resiko serangan hipotermia. Sebaiknya bawalah beberapa pakaian kering sehingga kamu dapat segera mengganti baju basahmu segera.

4. Hindari Berkemah di Padang Rumput

Memilih tempat bermalam untuk mendirikan tenda merupakan salah satu faktor penting untuk bertahan hidup. Hindari mendirikan tenda di padang rumput karena saat musim hujan, daerah tersebut berpotensi terjadi banjir. Selain itu, kawasan tersebut sangat berbahaya jika terjadi badai, lantaran angin akan berhembus sangat kencang dan dapat menerbangkan tendamu.

 

Lakukan Hal Ini, Kecoa Tak Akan Datang Lagi
Halaman:
  • Penulis: Tino Aditia

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita