Jitunews.Com
16 Februari 2020 16:42 WIB

AHY Berpeluang Jadi Ketum Demokrat

Syarief tidak membantah AHY sebagai calon tunggal

Agus Harimurti Yudhoyon berdoa saat melakukan Umrah. (dok. Timses Agus-Sylvi)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Partai Demokrat akan melaksanakan kongres pada Mei 2020. Waketum Partai Demokrat, Syarief Hasan, mengatakan jadwal kongres bisa saja berubah tergantung permintaan dari daerah.

"Kalau kita berbicara kongres, kalau aturan dari kongres sebelumnya, itu dijadwalkan bulan Mei. Tetapi saya tidak tahu, mungkin saja berubah. Kalau ada permintaan dari daerah, kita lihat. Tapi sejauh ini masih sampai bulan Mei," ujar Syarief di Upnormal, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (16/2/2020).

"Ya tergantung DPD, tergantung daerah, yang memiliki hak. Kalau daerah mengusulkan begitu dan memenuhi persyaratan, mungkin kita akan pikirkan," imbuhnya.



Kader PAN Ngaku Sayang Amien Rais, Ruhut Berharap Bukan Gombalan

Syarief juga menyebut ada peluang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon Ketua Umum Partai Demokrat.

"Kalau-kalau (AHY) untuk calon ketua umum, saya pikir itu tergantung dari suara di kongres, ya. Tetapi perlu saya sampaikan AHY ini kan juga salah satu wakil ketua umum. Jadi tentu salah satu tugasnya dalam melakukan konsolidasi ke seluruh Indonesia," sebut Wakil Ketua MPR itu.

Menurutnya, konsolidasi yang dilakukan AHY adalah demi kesolidan partai.

"Jadi mudah-mudahan, dengan konsolidasi itu, para kader bisa memahami bahwa memang di Partai Demokrat ini semakin banyak orang yang berkualitas, seperti Mas AHY. Itu kan bagus untuk menjadi pemimpin masa depan," katanya.

Ia juga tidak mengetahui akankah Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Ketum di periode mendatang.

"Belum tahu (kepemimpinan SBY). Kita lihat di kongres nanti. Mudah-mudahan ada leader, ada leader yang muncul lagi," tutur Syarief.

Ia juga tidak membantah mengenai AHY sebagai calon tunggal yang akan maju sebagai ketum.

"Mudah-mudahan ya (AHY calon tunggal). Pokoknya kita calon tunggal, apakah ada persaingan? Saya pikir sama saya saja, ya kan. Yang penting kita mendapatkan ketua umum atau pemimpin yang betul-betul diamanahkan oleh kongres," ungkapnya.

Cak Imin 'Sentil' Surabaya, PKB: Tidak Perlu Ada yang Sewot
Halaman:
  • Penulis: Aurora Denata

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita